KOMUNIKASI LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH) BANYUASIN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR LIMBAH PERUSAHAAN (Studi Kasus PT. Sutopo Lestari Jaya)

Sumantri, MR (2024) KOMUNIKASI LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH) BANYUASIN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR LIMBAH PERUSAHAAN (Studi Kasus PT. Sutopo Lestari Jaya). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
MR. Sumantri 1830701035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pencemaran lingkungan hidup yang diakibatkan oleh limbah industri memberikan dampak buruk terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin dalam upaya menanggulangi pencemaran lingkungan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanggulangan pencemaran lingkungan di PT. Sutopo Lestari Jaya yang berada di Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Lingkungan. Informan dalam penelitian ini ada lima yaitu dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin dan pihak PT.Sutopo Lestari Jaya. Hasil dari penelitian ini adalah dalam melestarikan lingkungan, perlu adanya sebuah kebijakan atau Peraturan Daerah (PERDA), dan program Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yaitu adanya sosialisasi secara langsung dari Dinas Lingkungan Hidup dalam upaya menanggulangi pencemaran lingkungan, ketegasan dari Pemerintah terhadap perusahaan yang membuang limbah sembarangan serta memanfaatkan media massa untuk memotivasi dalam upaya penanggulangan pencemaran. Akan tetapi, dalam upaya penanggulangan pasti ada saja hambatan yang terjadi seperti keterbatasan peralatan laboratorium serta masih rendahnya kesadaran dalam menjaga lingkungan. Kata Kunci: Industri, Lingkungan, Limbah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:00
Last Modified: 10 Jun 2024 03:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38267

Actions (login required)

View Item View Item