ANALISIS PERAN MEDIATOR NON HAKIM DALAM MEMBANTU MENYELESAIKAN SENGKETA PERCERAIAN (Studi Pengadilan Agama Kelas IA Palembang Tahun 2019 hingga 2022)

Sugiarto, Afdol (2024) ANALISIS PERAN MEDIATOR NON HAKIM DALAM MEMBANTU MENYELESAIKAN SENGKETA PERCERAIAN (Studi Pengadilan Agama Kelas IA Palembang Tahun 2019 hingga 2022). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
FULL BAB AFDOL SETELAH SIDANG REVISI KE2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan mediasi pada sengketa perceraian di masa sekarang ini sangat sulit dilakukan karena tidak sesuai nya dengan angka sengketa perceraian yang terus-menerus terdaftar. Skripsi yang berjudul Analisis Peran Mediator Non Hakim dalam membantu menyelesaikan Sengketa Perceraian (Studi Pengadilan AgamaKelas 1a Palembang Tahun 2019 hingga 2022), dibuat untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana peran mediator non hakim dalam membantu menyelesaikan sengketa perceraian (Studi Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang) serta apa saja faktor yang mempengaruhi peran mediator non hakim dalam membantu menyelesaikan sengketa perceraian (Studi Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan jumlah sampel lima orang mediator non hakim yang ada di pengadilan agama kelas 1A palembang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Untuk data sekunder nya menggunakan literatur hukum yang menunjang serta untuk data tersier nya menggunakan kamus yang membantu penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui metode deskriptif kualitatif dengan pola berpikir deduktif sehingga melahirkan data yang bersifat umum ke data yang bersifat khusus agar skripsi ini mudah untuk dimengerti. Hasil daripada penelitian ini yakni dimana pelaksanaan mediasi yang ada di Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang secara praktik sudah sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. Namun secara substansial nyatanya penyelesaian sengketa perceraian yang dilakukan oleh mediator non hakim melalui proses mediasi belum dapat menekan tingginya angka perceraian yang ada di Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, dimana faktor utama nya yakni karena kurangnya kesadaran akan perdamaian dari pihak yang tengah bersengketa. Hal ini dengan ketidakhadiran salah satu atau keduanya pada proses mediasi yang dipimpin oleh mediator non hakim di Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mediasi, Perceraian, Mediator Non Hakim
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: AFDAL SUGIARTO 1920101048
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:32
Last Modified: 11 Jun 2024 01:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38298

Actions (login required)

View Item View Item