FRAMING KAMPANYE ISU PELANGGARAN HAM YANG DILAKUKAN PRABOWO DALAM PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN (2019) STUDI KASUS MEDIA ONLINE KOMPAS.COM

Amelia Susanti, Elda and Zalpa, Yulion and Muhammad Fadli, Najmi (2024) FRAMING KAMPANYE ISU PELANGGARAN HAM YANG DILAKUKAN PRABOWO DALAM PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN (2019) STUDI KASUS MEDIA ONLINE KOMPAS.COM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Elda Amelia Susanti 1930702051.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis isi “framing kampanye isu pelanggaran ham yang dilakukan prabowo dalam pemilihan presiden tahun (2019) studi kasus media online kompas.com”teks media melalui framing model Robert N. Entman. Hasil penelitian menunjukan bahwa frame berita tentang Pemberitaan dan kampanye isu pelanggaran HAM oleh kompas.com dalam pilpres 2019 Prabowo Subianto lebih menekankan karakter daripada reputasi dan kredibilitasnya. Dalam pemberitaan belum dituntaskannya kasus pelanggaran HAM oleh pemimpin juga dilakukan kepada paslon Prabowo Subianto. Hasil isi informasi yang disajikan berdasarkan Framing Robert N. Entman dominan berisi netral dan negatif dimana sesuai sesuai dengan teori Robert N Entman dengan dapat melihat kecenderungan pemberitaan suatu media, (apakah positif ataukah negatif.) Dengan keseluruhan berita ada 9, 5 berita netral dan 4 berita cenderung negatif, sesuai dengan teori Robert N Entman dengan teori ini dapat melihat kecenderungan pemberitaan suatu media, Penyebaran informasi dengan proporsi dominan dalam kategori netral dan negatif dapat mempengaruhi opini publik dan dapat dianggap sebagai cermin sebuah presepsi atau pandangan publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:54
Last Modified: 14 Jun 2024 03:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38347

Actions (login required)

View Item View Item