PEMANFAATAN TIKTOK PADA KALANGAN LANSIA DI KELURAHAN SEKAR JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

RIZKY FEBRIANSYAH, DIMAS and Aprianti, Reza and Astrid, Gita (2024) PEMANFAATAN TIKTOK PADA KALANGAN LANSIA DI KELURAHAN SEKAR JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Dimas Rizky Febriansyah 1810701004.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aplikasi Tikton ini diminati oleh banyak lansia, pengguna lansia tertarik untuk menggunakan tiktok, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan seperti dampak yang diperoleh lansia dalam memanfaatkan tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Tiktok Pada Kalangan Lansia di Kelurahan Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif kulitatif dengan teori new Media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara yang telah peneliti lakukan kepada 15 informan Lansia di Kelurahan Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data meminimalkan data berarti meringkas data, memilih elemen pokok dari pemanfaat media sosial yang di gunakan oleh lansia dan berfokus pada berbagai macam hal yang penting dan juga tidak penting., display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang bagaimana Pemanfaatan tiktok pada kalangan lansia di Kelurahan Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu yakni penggunaan TikTok sebagai media yang berguna dalam beberapa aspek yakni Pertama, sebagai media kreativitas dengan memanfaatkan fitur yang telah tersedia pada aplikasi tiktok seperti efek yang terfasilitasi dengan video, foto. Kedua, sebagai media hiburan bagi lansia untuk menghilangkan rasa suntuknya dan mengisi waktu luang diluar kesibukannya sebagai seorang lansia dengan menonton konten hiburan di tiktok. Ketiga, sebagai media informasi mengarah pada aktivitas pengguna lansia mencari informasi yang disampaikan oleh konten kreator menggunakan video hal ini mempermudah lansia untuk mendapat informasi dengan menonton. Keempat, sebagai media untuk belanja mengarah pada aktivitas pengguna lansia mencari produk atau barang dengan menonton hasil penilaian oleh pengguna lain, pada tayangan tiktok terdapat banyak video yang mempromosikan produk UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:15
Last Modified: 14 Jun 2024 04:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38382

Actions (login required)

View Item View Item