Keluarga Sakinah Perspektif Al Qur'an (Studi Perbandingan Penafsiran Imam al-Qurthubi dalam Tafsir al-Jami’ li al-Ahkam al-Qur’an dan Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir al-Munir)

Sidiq, Syahril and Apriyanti, Apriyanti and Kamaruddin, Kamaruddin (2024) Keluarga Sakinah Perspektif Al Qur'an (Studi Perbandingan Penafsiran Imam al-Qurthubi dalam Tafsir al-Jami’ li al-Ahkam al-Qur’an dan Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir al-Munir). -. (Unpublished)

[img] Text
jurnal SYAHRIL SIDIQ_KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN.pdf - Accepted Version

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penafsiran ulama klasik dengan ulama kontemporer dalam menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan keluarga sakinah yang terdapat pada al-Qur’an. Perbedaan masa dari kedua mufassir ini setidaknya akan menghasilkan berbedanya pemikiran keduanya terkait pada zamannya dan adanya perbedaan konsep penafsirannya. Penelitian ini bersifat kepustakaan (Library Research) dengan memakai metode Muqarrin. Data-data dalam penelitian bersumber dari 2 yaitu: sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berupa kitab Tafsir al-Jami’ li al-Ahkam al-Qur’an dan al-Munir. Sementara sumber data sekunder adalah data yang mendukung data primer yang berasal dari kitab tafsir, kitab hadis, buku, jurnal, artikel dan tulisan-tulisan yang mendukung topik penelitian. Semua data itu akan digunakan analisis deskriptif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang dimaksud keluarga sakinah menurut Imam al-Qurthubi dalam kitab tafsir al-Jami’ li al-Ahkam al-Qur’an adalah sebuah ikatan pernikahan yang di dalamnya terdapat sebuah ketenangan, ketentraman dalam rumah tangga, dan terpenuhinya semua hak dan kewajiban diantara suami dan istri. Sedangkan menurut Wahbah az-Zuhaili dalam kitab tafsir al-Munir yang dimaksud dengan keluarga sakinah adalah ketenangan dan ketentraman dalam rumah tangga yang di dalamnya terdapat rasa cinta dan kasih sayang antara suami istri. Dan semua itu terpenuhi pula hak dan kewajiban antara suami dan istri.

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: SYAHRIL SIDDIQ 1810304021
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:53
Last Modified: 20 Jun 2024 02:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38391

Actions (login required)

View Item View Item