STRATEGI MEREALISASIKAN JANJI-JANJI POLITIK (Studi Terhadap Kepala Desa Ganesha Mukti Kecamatan Muara Sugihan Periode 2022-2028)

ARSITA, RESI and Chandra Eka Viana, Ryllian and Rentika Waty, Reni (2024) STRATEGI MEREALISASIKAN JANJI-JANJI POLITIK (Studi Terhadap Kepala Desa Ganesha Mukti Kecamatan Muara Sugihan Periode 2022-2028). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
RESI ARSITA 2010702007.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Strategi Merealisasikan Janji-Janji Politik (Studi Terhadap Kepala Desa Ganesha Mukti Kecamatan Muara Sugihan Periode 2022-2028). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kepala Desa Ganesha Mukti Kecamatan Muara Sugihan dalam merealisasikan janji-janji politik dan untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat janji politik Kepala Desa Ganesha Mukti tererealisaikan dan tidak terealisasikan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi dari Chandler dan Newman And Sheth. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukan bahwa strategi yang digunakan Kepala Desa untuk merealisasikan janji politiknya diantaranya menggunakan perencanaan dimana pemerintah desa dan masyarakat selalu dilibatkan dalam hal perencanaan, adanya tujuan dan sasaran yang dimaksud yaitu untuk menarik simpati masyarakat dan mensejahterakan masyarakat, cara bertindak dilakukan dengan cara tersusun dan bertahap, terakhir alokasi sumber daya dan sumber dana meliputi semua orang yang berstatus sebagai masyarakat Desa Ganesha Mukti. Dalam merealisasikan janji politiknya Kepala Desa tidak menggunakan strategi bujukan, tetapi masyarakat secara sukarela membantu program kerja pemerintah desa tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Adapun Faktor yang menjadikan hambatan dalam proses realisasi janji politik Kepala Desa yaitu masalah pendanaan, proses pembangunan tidak bisa sepenuhnya hanya mengandalkan dana dari desa saja. namun dengan kurangnya dana desa tidak dijadikan hambatan sepenuhnya oleh kepala desa. Adanya kontribusi dari masyarakat dapat dijadikan sebagai faktor pendukung dalam proses realisasi janji politik. Dengan adanya kualitas sumber daya manusia yang baik maka dapat membantu mempermudah program kerja pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:32
Last Modified: 14 Jun 2024 04:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38414

Actions (login required)

View Item View Item