PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

GIOVANI, GIO (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI GIOVANI FINAL pdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Keseimbangan antara kinerja perusahaan dan tanggung jawab perbankan terhadap lingkungan hidup merupakan hal yang sangat penting, yang saat ini terbukti dengan terevaluasinya perkembangan di indonesia sebuah perusahaan berbasis syariah seperti BUS yang dinamakan Pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR). Hingga sekarang tidak semua perbankan memberikan laporan pengungkapan tersebut secara transparan, pengungkapan ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti variabel yang digunakan yaitu Profitabilitas, variabel Leverage, dan Ukuran Dewan Komisaris. Sehingga ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan disertai bukti bagaimana pengaruh variabel tersebut terhadap adanya pengungkapan tanggung jawab sosial (ISR) yang diungkapkan pada bank berbasis syariah tersebut. Melalui analisis secara sistematika bagaimana sebuah tanggung jawab lingkungan suatu perusahaan, dilakukan suatu bentuk penelitian kuantitatif. Laporan tahunan beberapa bank umum syariah yang menjadi subjek penelitian diambil dari situs web beberapa perusahaan digunakan sebagai sumber data. Populasi penelitian untuk penelitian ini yakni Bank Umum Syariah di Indonesia yang beroperasi pada tahun 2018 sampai 2022. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling adalah metode yang diambil dalam pengambilan sample, akhirnya diperoleh 35 sampel Bank Umum Syariah sebanyak 11. Serta analisis regresi linier berganda adalah metode yang digunakan untuk menganalisis data. Akhir yang didapat melalui penelitian ini menunjukan jika dilihat melalui parsial variabel Profitabilitas (ROA) serta Ukuran Dewan Komisaris mempengaruhi secara signifikan pada pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), berbeda dengan variabel Leverage (DER) tidak mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial ini. Namun dilihat hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Profitabilitas, Leverage, serta Ukuran Dewan Komisaris dalam bersamaan (simultan) terdapat pengaruh signifikan pada pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Kata kunci : ROA, Komisaris, DER, ISR.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: ROA, Komisaris, DER, ISR
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: GIOVANI 2020603134
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:54
Last Modified: 20 Jun 2024 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38443

Actions (login required)

View Item View Item