IMPLEMENTASI PRAKTIK GADAI SAWAH TANPA BATAS WAKTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Jaya Mulya, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan)

Yuliana, Yuliana (2024) IMPLEMENTASI PRAKTIK GADAI SAWAH TANPA BATAS WAKTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Jaya Mulya, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover_Skripsi Yuliana.pdf.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Abstrak_Skripsi Yuliana.pdf.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I_Skripsi Yuliana.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II_Skripsi Yuliana.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_Skripsi Yuliana.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_Skripsi Yuliana.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_Skripsi Yuliana,pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Skripsi Yuliana.pdf.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik gadai sawah tanpa batas waktu di Desa Jaya Mulya serta mengetahui bagaimana praktik gadai sawah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua bentuk data, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah sumber yang diperoleh seorang peneliti langsung dari objek yang bersangkutan yaitu wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu dan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan gadai sawah di Desa Jaya Mulya didasarkan pada perjanjian kedua belah pihak dengan unsur saling kepercayaan. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan dalam akad praktik gadai sawah tidak memenuhi syarat sah gadai yaitu mengenai batasan waktu yang jelas sesuai dengan Q.S Al-Baqarah ayat 280 yang mengharuskan adanya batasan waktu yang jelas pada setiap transaksi. Maka dari itu, pelaksanaan gadai sawah tanpa batas waktu yang terjadi di Desa Jaya Mulya belum sesuai dengan syariat Islam. Selanjutnya mengenai dampak gadai sawah terhadap kesejahteraan masyarakat perspektif ekonomi Islam, juga dinilai belum maksimal, karena masih ada beberapa indikator yang belum terpenuhi. Indikator tersebut yaitu kebutuhan rohani seperti penerapan tauhid dalam kehidupan, pada praktik yang terjadi di lapangan belum terpenuhi dikarenakan masih kurangnya literasi masyarakat mengenai praktik gadai sawah yang sesuai dengan syariat ekonomi Islam. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi gadai, pelaku gadai seharusnya lebih memahami apa saja yang menjadi syarat dan rukun gadai, serta tidak hanya memfokuskan gadai untuk kebutuhan mendesak saja namun dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih produktif. Pelaksanaan akad gadai juga harus diperjelas gar tidak samar-samar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Islam, Gadai Sawah, Impelementasi
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: YULIANA 2020602043
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:54
Last Modified: 20 Jun 2024 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38451

Actions (login required)

View Item View Item