UPAYA PEDAGANG KECIL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Pedagang Kemplang Panggang di RT 09 dan RT 11 Kecamatan Gandus)

JP, JEMMA JENI OKTA (2023) UPAYA PEDAGANG KECIL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Pedagang Kemplang Panggang di RT 09 dan RT 11 Kecamatan Gandus). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
SKRIPSI Jemma Jeni Okta JP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi ekonomi pedagang kemplang panggang di kecamatan gandus. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat pedagang kemplang panggang dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini, wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Metode untuk analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, kondisi ekonomi pedagang kemplang panggang menjadi lebih baik dengan adanya usaha kemplang panggang ini, para pedagang sangat amat terbantu dalam meningkatkan pendapatan keluarga dan memenuhi kebutuhan sehari-hari karena peluang berdagang kemplang panggang sangat besar dalam meningkatkan pendapatan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat pedagang adalah faktor bahan baku dalam membuat kemplang panggang, cuaca dalam proses pembuatan, permodalan dan pemasaran. Penelitian ini menyimpukan bahwa kemiskinan di Gandus, masih menjadi tantangan serius yang dihadapi masyarakat terutama bagi para petani, nelayan, dan buru harian, dengan adanya usaha mikro kecil menengah (UMKM) seperti pedagang kemplang panggang ini menjadi solusi potensi untuk meningkatkan pendapatan dan kemiskinan, menurut hasil penelitian dari Usaha pedagang kemplang panggang ini sangat amat membantu dalam peningkatan pendapatan keluarga yang awalnya sangat sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka sehingga sekarang dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup dan bisa meningkatkan pendapatan mereka dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Kecamatan Gandus. Saran dari penelitian ini adalah: pedagang kemplang panggang dapat lebih selektif dalam sistem pemasaran dan memanfaatkan media sosial serta platform e-commerce. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar persiapan dan pengumpulan data dievaluasi lebih baik guna memberikan kontribusi yang lebih optimal terhadap pemahaman dan pengembangan usaha pedagang kemplang panggang dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Kata Kunci: Upaya, Pedagang Kecil, Meningkatkan dan Pendapatan Keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Pedagang Kecil, Meningkatkan dan Pendapatan Keluarga
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: JEMMA JENI OKTA JP 1930505063
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:29
Last Modified: 24 Jun 2024 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38470

Actions (login required)

View Item View Item