BRANDING PARTAI POLITIK BARU PESERTA PEMILU TAHUN 2024 (Studi Pada Media Sosial Instgram Partai @gelora_palembang)

Ardila, Yuli (2024) BRANDING PARTAI POLITIK BARU PESERTA PEMILU TAHUN 2024 (Studi Pada Media Sosial Instgram Partai @gelora_palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Yuli Ardila 2030702123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Branding Politik Partai Baru Peserta Pemilu 2024 (Studi Pada Media Sosial Instagram Gelora_Palembang) yang dilatar belakangi dengan kemunculan Partai Gelora pada ranah publik tidak terlepas dari adanya konflik yang menjerat PKS karena keretakan yang terjadi pada internal PKS sejak lama, yang kemudian melakukan branding untuk dapat menjadi perserta pemilu tahun 2024 dengan memanfaatkan media sosial instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Branding Politik Partai Baru Peserta Pemilu 2024 (Studi Pada Partai Gelora Indonesia). Dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori branding dan personal branding. Dengan hasil analisis @gelora_Palembang melakukan branding di media sosial instagram dengan cara menggaet milenial dengan Milenial Koalisasi Indonesia Maju Palembang, Fokus Perbaikan SDM, Partai Baru yang Siap Memberi Warna Baru Bagi Perpolitikan Indonesia, Rekrutmen Caleg Sumatera Selatan, dan Aksi Kemanusiaan. Dalam melakukan branding Partai Gelora dipengaruhi oleh kekuatan dari ketua umum, dan ideologi, serta dipengaruhi oleh kelemahan yang berasal dari Sumber Daya Manusia. Penyebab kegagalan branding politik partai Gelora pada pemilu 2024 dapat dilihat terdapat pengaruh faktor internal yaitu Sumber Daya Manusia yang kurang melibatkan aktor lain yang memberikan pengaruh besar, dan Kinerja Anggota partai yang melakukan branding dengan memanfaatkan sosial media dengan kurun waktu yang terbilang singkat. Kata kunci: Partai Baru, Branding, Partai Gelora

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:19
Last Modified: 21 Jun 2024 01:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38473

Actions (login required)

View Item View Item