PEMBUATAN PAKAIAN DENGAN MEMANFAATKAN SERAT LIMBAH DAUN NANAS (PADA KOPERASI MIWA PINEAPPLE DI SUKARAJA KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR)

LASTRI, RINDA (2023) PEMBUATAN PAKAIAN DENGAN MEMANFAATKAN SERAT LIMBAH DAUN NANAS (PADA KOPERASI MIWA PINEAPPLE DI SUKARAJA KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI NEW RINDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NEW RINDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NEW RINDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NEW RINDA-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul “Pembuatan Pakaian Dengan Memanfaatkan Serat Limbah Daun Nanas (Studi Koperasi Miwa Pineapple di Sukaraja Kecamatan Prabumulih Timur)”. Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Sehingga menjadikan pakaian menjadi barang yang wajib dipenuhi kebutuhannya yang akan memberikan kepantasan, kenyamanan serta keamanan dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan ini juga dijadikan sebagai sarana penunjang penampilan bagi seseorang mulai dari tingkat bawah sampai atas. Kota Prabumulih yang memiliki julukan sebagai kota nanas dan merupakan produsen nanas terbesar di Indonesia. Karena banyak dan melimpahnya ketersediaan tanaman nanas di Kota Prabumulih, banyak pula pelaku usaha yang mengolah buah nanas menjadi pangan olahan dan juga usaha nanas yang mengolah daun nanas menjadi serat daun nanas yang berkualitas ekspor, pembuatan pakaian dan bahan baku pakaian. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembuatan pakaian dengan memanfaatkan serat limbah daun nanas di Sukaraja kecamatan Prabumulih Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, penulis melakukan wawancara dan meneliti langsung kegiatan pembuatan pakaian dengan memanfaatkan serat limbah daun nanas pada tanggal 03 Oktober sampai 31 Oktober 2023. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keberlanjutan lingkungan oleh Dr.Ir. Tungkot Sipayung (2016). Hasil penelitian menunjukkan hasil dari kegiatan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia terutama para anggota koperasi miwa pineapple dan masyarakat sekitar memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Koperasi miwa pineapple ini telah banyak tahu tentang usaha dalam meningkatkan koperasinya salah satunya pembuatan pakaian dengan memanfaatkan serat limbah daun nanas. Kata Kunci : Koperasi Miwa Pineapple, Serat Daun Nanas, Pembuatan Pakaian Serat Daun Nanas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Koperasi Miwa Pineapple, Serat Daun Nanas, Pembuatan Pakaian Serat Daun Nanas
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: RINDA LASTRI 2020505013
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:29
Last Modified: 24 Jun 2024 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38485

Actions (login required)

View Item View Item