PERAN KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA SELATAN DALAM MENCEGAH TINDAK PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK KOTA PALEMBANG (STUDI DITRESKRIMUM SUBDIT IV POLDA SUMSEL)

JULIANI, LIA (2023) PERAN KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA SELATAN DALAM MENCEGAH TINDAK PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK KOTA PALEMBANG (STUDI DITRESKRIMUM SUBDIT IV POLDA SUMSEL). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI NEW LIA JULIANI JILID FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Kepolisian Sumatera Selatan Dalam Mencegah Tindak Pelecehan Seksual Pada Anak Kota Palembang (Studi Ditreskrimum Subdit IV Polda Sumsel)” yang bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan Ditreskrimum Subdit IV serta mencari tahu faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya tindak pelecehan seksual pada anak di Kota Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang digunakan ialah wawancara terstruktur, sehingga penulis meneliti permasalahan yang diangkat berdasarkan judul pada informan yang dilaksanakan pada tanggal (25 September 2023 hingga 20 Oktober 2023). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Soerjono Soekanto (1982). Hasil penelitian merujuk pada faktor penyebab terjadinya pelecehan seksual dan peran Ditreskrimum Subdit IV Polda Sumsel, terutama untuk faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pelecehan seksual pada anak terjadi di Kota Palembang. Faktor penyebab terjadinya tindak pelecehan seksual pada anak Kota Palembang disebabkan oleh 6 (enam) faktor yang telah diteliti yakni faktor keluarga, ekonomi dan kemiskinan, pendidikan dan sekolah, media massa, lingkungan pergaulan dan pengaruh histeris menjadi korban. Untuk peran yang dilakukan oleh Ditreskrimum Subdit IV Polda Sumsel yakni melakukan upaya non-penal yang bersifat preventif berupa (pencegahan, penangkalan atau pengendalian) sebelum kejahatan terjadi. Bentuk pencegahan yang dilakukan antara lain melakukan pendataan, pemantauan dan pengawasan serta sosialisasi dan edukasi. Kata Kunci : Faktor penyebab, Peran Ditreskrimum, Pelecehan Seksual Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Faktor penyebab, Peran Ditreskrimum, Pelecehan Seksual Anak.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 390 Norma, etika dan tradisi > Kebiasaan yang berhubungan dengan jalan kehidupan dan kehidupan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LIA JULIANI 2030505027
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:29
Last Modified: 24 Jun 2024 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38486

Actions (login required)

View Item View Item