Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Poster Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Di Kelurahan Pasar Bhayangkara

Amalia, Tri Weni (2024) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Poster Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Di Kelurahan Pasar Bhayangkara. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI FIX - Copy.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK tri.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB 1-5 TRI.pdf

Download (630kB)
[img] Text
DAPUS tri.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Poster Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Di Kelurahan Pasar Bhayangkara". Tujuan dari penelitian ini, pertama agar mengetahui pemahaman kesehatan reproduksi remaja dan kedua mengetahui strategi penerapan layanan bimbingan kelompok dengan media poster untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan penelitian field research atau penelitian dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, data display, dan kesimpulan. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa sebelum menerima layanan bimbingan kelompok dengan media poster pada remaja di Kelurahan Pasar Bhayangkara dengan subjek yang dipilih berjumblah 8 remaja dan mendapatkan hasil bahwa remaja memiliki pemahaman kesehatan reproduksi yang rendah. Yang dapat diketahui dari cara remaja mengetahui kondisi kesehatan reproduksi dan kesiapan saat mengalami pubertas pada remaja. Remaja belum mampu mengoptimalkan kesehatan reproduksi yang dimiliki, karena kurangnya pemahaman atau pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi dan kurangnya keinginan remaja untuk mencari atau mendapatkan informasi mengenai kesehatan reproduksi yang baik dan benar. Kedua hasil yang didapat dari strategi penerapan layanan bimbingan kelompok dengan media poster untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi ialah memberikan layanan bimbingan kelompok pada 8 remaja menggunakan media poster. Bimbingan kelompok dilakukan sebanyak 3 kali dengan menggunakan tahapan awal/pembentukan,peralihan, kegiatan, penutup, dan membahas topic kesehatan reproduksi yang berbeda dalam setiap pertemuan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian, media poster mampu menarik perhatian remaja dan remaja saling berperan aktif dalam kegiatan berlangsung. Kata kunci: Bimbingan kelompok, media poster, kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, media poster, kesehatan reproduksi.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: TRI WENI AMALIA 2020502042
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:29
Last Modified: 24 Jun 2024 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38495

Actions (login required)

View Item View Item