IMPLEMENTASI TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGAJI PADA REMAJA DI DESA GERAMAT KABUPATEN LAHAT

Robi Kurniawan Sandi, Robi (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGAJI PADA REMAJA DI DESA GERAMAT KABUPATEN LAHAT. Other thesis, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Teknik Motivational Interviewing Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji Pada Remaja di Desa Geramat Kabupaten Lahat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mengaji pada remaja di Desa Geramat Kabupaten Lahat sebelum diberikannya teknik Motivational Interviewing, mengetahui motivasi mengaji pada remaja di Desa Geramat Kabupaten Lahat setelah diberikannya teknik Motivational Interviewing, dan mengetahui implementasi teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan motivasi mengaji remaja di Desa Geramat Kabupaten Lahat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini yaitu klien A, AOR, dan AS. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan (conclusion). Adapun hasil dari penelitian yang diperoleh dari observasi dan wawancara adalah motivasi mengaji pada remaja di Desa Geramat Kabupaten Lahat sebelum diberikannya teknik Motivational Interviewing, motivasi remaja sangatlah rendah. Prilaku yang sering timbul pada diri remaja yaitu merasa malas ketika menyelesaikan tugas, tidak percaya diri, mudah menyerah, sering melamun, tidak menanggapi nasehat guru, lebih berdiam diri, mudah patah semangat, dan selalu menghindari tugas. Motivasi mengaji pada remaja setelah diberikannya teknik Motivational Interviewing yaitu klien datang tepat waktu, klien antusias, klien aktif dalam bertanya dan mendengarkan, klien mengikuti proses konseling dari awal sampai akhir. Adapun proses dalam melakukan teknik Motivational Interviewing yaitu konselor membangun rapport, setting agenda, penilaian kesiapan untuk berubah (assesing readiness to change), pertajam fokus (sharpening focus), identifikasi ambivalensi (identifying ambivalence), memperoleh pernyataan dari diri klien, menangani resistensi (handling resistance), dan fokus bergeser (shifting the focus).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: ROBI KURNIA SANDI 1930502111
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:53
Last Modified: 25 Jun 2024 01:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38523

Actions (login required)

View Item View Item