ANALISIS YURIDIS TERHADAP BATAS USIA MINIMAL WALI NIKAH DALAM APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF

Munawaroh, Zulfa (2024) ANALISIS YURIDIS TERHADAP BATAS USIA MINIMAL WALI NIKAH DALAM APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Full BAB A5 zulfa munawaroh (2010102015).pdf

Download (2MB)

Abstract

SIMKAH merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendokumentasikan data informasi pernikahan. Salah satu aspek penting dalam pendaftaran pernikahan adalah peran wali nikah. Namun dengan tidak adanya batasan usia wali nikah dalam entri wali pada aplikasi SIMKAH memungkinkan pendaftaran nikah dilanjutkan meskipun wali berusia sangat muda, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketentuan batas usia wali nikah pada entri wali dalam aplikasi SIMKAH berdasarkan Perspektif hukum Islam dan hukum positif. Metode penelitian yang digunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan yuridis normatif, yaitu data yang terkumpul dianalisis dengan regulasi hukum Islam dan hukum positif terkait batas usia wali nikah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ketentuan batas usia minimal wali nikah dalam aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) tidak dibatasi bahkan bisa mencatat usia wali nikah 10 tahun. Analisis hukum Islam menganjurkan penggunaan teori maslahah al-mursalah dalam menetapkan usia wali nikah, yang berkisar antara 18-21 tahun. Namun, dalam Analisis hukum positif, ketentuan batasan usia minimal wali nikah dalam aplikasi SIMKAH tidak sesuai dengan ketentuan kedewasaan seseorang untuk mampu bertanggungjawab dalam melakukan perbuatan hukum yang terdapat dalam perundangan-undangan yang berlaku. Meskipun keduanya memiliki esensi yang sama dalam mengatur tujuan pernikahan tetapi memiliki perbedaan ketentuan batas usia kedewasaan dan batas usia baligh. Kata Kunci : Hukum Islam, Hukum Positif, SIMKAH.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: ZULFA MUNAWAROH 2010102015
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:53
Last Modified: 25 Jun 2024 01:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38532

Actions (login required)

View Item View Item