TRADISI PEMBERIAN UPAH TERHADAP PEMBACA YASIN TINJAUAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DIDESA TANABANG KECAMATAN MUARA KUANG KABUPATEN OGAN ILIR)

Junanda, Abdul Rahman (2024) TRADISI PEMBERIAN UPAH TERHADAP PEMBACA YASIN TINJAUAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DIDESA TANABANG KECAMATAN MUARA KUANG KABUPATEN OGAN ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
FINAL SKRIPSI JUAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Tradisi Pemberian Upah Terhadap Pembaca Yasin Tinjauan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Desa Tanabang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir). Latar permasalahan Sebagian masyarakat di desa Tanabang mata pencariannya adalah petani karet, petani karet dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Faktor utama terjadinya praktik tradisi pemberian upah terhadap pembaca yasin ini yaitu karena faktor ekonomi lemah khususnya para petani karet yang memerlukan uang tambahan untuk kebutuhannya. Rumusan Masalah: Bagaimana Praktik Tradisi Pemberian Upah Terhadap Pembaca Yasin Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Studi Kasus Di Desa Tanabang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir? Bagaimana Tradisi Pemberian Upah Terhadap Pembaca Yasin Tinjauan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Studi Kasus Di Desa Tanabang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir. Tujuan penelitian agar pembaca paham tentang praktik tradisi pemberian upah terhadap pembaca yasin perspektif hukum eknomi syariah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) merupakan penelitian kualitatif berupa penelitian bersifat dekriptif dan menggunakan analisis. Jenis dan sumber data primer dan sekunder produk perilaku hukum serta penelitian hukum yang memperoleh data primer atau data yang diperoleh langsung dari masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui survey, interview (wawancara), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggunakan sistem upah (Ijarah) tradisi pemberian upah terhadap pembaca yasin atas perseorangan untuk mengumpulkan masyarakat di rumah hajatan yasinan takziah dalam konsep saling tolong menolong, sistem upah pengupah terhadap pembaca yasin yang bersifat diberikan sesudah makan bersama dirumah suka duka hajatan yasinan takziah yaitu kepada penduduk desa yang datang. Tinjauan perspektif Hukum Ekonomi Syariah di perbolehkan karena memenuhi rukun dan syarat upah pengupahan (Ijarah) dan juga mempunyai manfaat yang digunakan untuk membantu masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Upah pengupahan (Ijarah), Penduduk.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ABDUL RAHMAN JUNANDA 1930104222
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:03
Last Modified: 26 Jun 2024 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38567

Actions (login required)

View Item View Item