Konsep Al Haya dalam perspektif Hadis dan Relevansinya dengan pengguna tiktok media sosial

APRILIAH, April (2024) Konsep Al Haya dalam perspektif Hadis dan Relevansinya dengan pengguna tiktok media sosial. Jurnal Tajdid UIN Sultan Thahah Syaifuddin Jambi, 22 (2). pp. 489-510. ISSN 2502-3063

[img]
Preview
Text
354-Article Text-1789-2-10-20240102.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Artikel ini memaparkan suatu permasalahan yaitu konsep al-h}aya>' dari perspektif hadits dan relevansinya bagi pengguna TikTok. Melihat kondisi saat ini, penulis berasumsi bahwa hampir semua pengguna media sosial sudah tidak lagi memiliki sikap malu, terutama ketika pengguna aplikasi TikTok mengikuti gerakan joget yang berlebihan. Penelitian ini melihat langsung pada beberapa akun TikTok, kemudian melakukan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan library research dan didukung oleh sumber data primer seperti kitab hadits: al-Bukhari dan Muslim, aplikasi digital seperti Ensiklopedia 9 Kitab Imam dan Matktaba Shameela , artikel atau majalah yang terkait dengan pembahasan yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, saat ini banyak sekali jenis platform yang membuat penggunanya mengikuti semua tren yang ada. Di sini peneliti menemukan bahwa jenis platform TikTok sangat digemari banyak orang. TikTok yang memiliki ciri khas yaitu melakukan gerakan joget di depan umum, mereka mengikuti suatu tren dengan suatu tujuan, entah itu demi followers, like, atau hal lainnya. Kedua, tulisan ini menyajikan berbagai hadits tentang al-h}aya>' yang bisa dijadikan pedoman bagi seseorang untuk melihat apa saja batasan dalam menggunakan media sosial, sehingga seorang wanita bisa terjaga kehormatannya.

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: APRILIAH 2030303041
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:03
Last Modified: 03 Jul 2024 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38709

Actions (login required)

View Item View Item