PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN, CITRA MEREK DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SUMSEL BABEL SYARIAH KCP UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Fispower, Anggun (2024) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN, CITRA MEREK DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SUMSEL BABEL SYARIAH KCP UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK Anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I Anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II Anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan bank syariah di Indonesia kini menjadi tolak ukur keberhasilan keberadaan ekonomi syariah. Krisis keuangan yang terjadi di tahun 1998 membuat bank-bank konvensional semakin menurun dan banyak kegagalan sistem bunga ketika bank memperkenalkan sistem syariah.Keunggulan perbankan syariah disebabkan oleh kenaikan suku bunga yang tidak mempengaruhi perbankan syariah. Dan juga terdapat komunikasi pemasaran, citra merek, dan penanganan keluhan merupakan faktor penting dalam membangun suatu perusahaan untuk menciptakan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran, citra merek dan penanganan keluhan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sumsel Babel Syariah KCP UIN Raden Fatah Palembang. Grand Theory penelitian ini menggunakan Social Exchange Theory. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan rumus Slovin. Adapun teknis analisis data terhadap kuesioner yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis dengan pengelolaan data menggunakan program SPSS Ver 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran (X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah yang diketahui nilai thitung 1,498 sedangkan ttabel 1,984. Artinya thitung lebih kecil ttabel dan nilai signifikan 0,137 < 0,05 sehingga komunikasi pemasaran berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sumsel Babel Syariah KCP UIN Raden Fatah Palembang. Pada variabel citra merek (X2) menunjukkan bahwa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah yang diketahui nilai thitung 3,749 sedangkan ttabel 1,984. Artinya thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sumsel Babel Syariah KCP UIN Raden Fatah Palembang. Pada variabel penanganan keluhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah yang diketahui nilai thitung 5,810 sedangkan ttabel 1,984. Artinya thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga penanganan keluhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sumsel Babel Syariah KCP UIN Raden Fatah Palembang. Berdasarkan hasil Cara menentukan ftabel tingkat signifikan 0,05 dan df1 = (k-1) atau (4-1 = 3) selanjutnya df2 = (n-k) atau (100-4 = 96), menghasilkan ftabel senilai 2,70. Sehingga fhitung (49,810) > ftabel (2,70) dan nilai sig. 0,000 < 0,05, maka variabel Komunikasi Pemasaran (X1), Citra Merek (X2) dan Penanganan Keluhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Citra Merek, Penanganan Keluhan, Kepuasan Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Citra Merek, Penanganan Keluhan, Kepuasan Nasabah.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: ANGGUN FISPOWER 2030603207
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:08
Last Modified: 05 Jul 2024 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38771

Actions (login required)

View Item View Item