PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU CECUHO DI DESA MUARA LAWAI KECAMATAN MUARA ENIM KABUPATEN MUARA ENIM

Lestari, Anis (2024) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU CECUHO DI DESA MUARA LAWAI KECAMATAN MUARA ENIM KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Anis Lestari 2030505029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang partisipasi masyarakat dalam pengembangan Objek Wisata Danau Cecuho di Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengembangan objek wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya partisipasi masyarakat dalam mengembangkan objek wisata tersebut dilakukan dengan mengembangkan daya tarik wisatawan agar berkunjung ke wisata ini dengan mempromosikan dan mengenalkan wisata ini secara luas melalui media sosial yang dilakukan oleh pengelola, pemerintah desa dan juga masyarakat sekitar, serta partisipasi masyarakat berjualan dalam rangka meramaikan Danau Cecuho. Masyarakat berpartisipasi dalam membuat petunjuk jalan agar mempermudah akses wisatawan menuju Danau Cecuho. Masyarakat juga terlibat dalam membangun fasilitas di lokasi ini dengan memberikan sumbangan dana, tenaga, dan barang pribadi seperti lahan dan kayu. Masyarakat juga berpartisipasi dalam membangun fasilitas di lokasi ini, namun masyarakat sekitar kurang berpartisipasi dalam merawat fasilitasnya sehingga kebanyakan dari fasilitas di lokasi ini menjadi rusak. Hanya sebagian kecil dari masyarakat yang aktif dalam merawatnya, sementara sebagian besar menganggap tanggung jawab ini seharusnya ada di pemerintah atau pengelola wisata. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Objek Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Objek Wisata.
Subjects: 700 Kesenian dan Rekreasi > Seni Rekreasi dan Pertunjukan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ANIS LESTARI 2030505029
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:08
Last Modified: 05 Jul 2024 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38784

Actions (login required)

View Item View Item