SENI HADRAH SEBAGAI KOMUNIKASI BUDAYA ISLAM (STUDI PADA MAJELIS ASSOLIHIN DI TALANG KEDONDONG PALEMBANG)

ADITYATAMA, WIRA and Hamidah, Hamidah and Assoburu, Silvia (2024) SENI HADRAH SEBAGAI KOMUNIKASI BUDAYA ISLAM (STUDI PADA MAJELIS ASSOLIHIN DI TALANG KEDONDONG PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
WIRA ADITYATAMA, SENI HADRAH SEBAGAI KOMUNKASI BUDAYA ISLAM (STUDI PADA MAJELIS ASSOLIHIN TALANG KEDONDONG PALEMBANG), 2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Seni Hadrah Sebagai Komunikasi Budaya Islam (Studi Pada Majelis Assolihin di Talang Kedondong Palembang). Seni Hadrah, sebagai bentuk seni pertunjukan Islam, telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Seni Hadrah sebagai komunkasi budaya Islam, khususnya dalam konteks Majelis Assolihin di Talang Kedondong, Palembang. Dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce sebagai kerangka analisis, penelitian ini menelusuri sejarah, profil, eksistensi, serta upaya Seni Hadrahdalam menyampaikan pesan-pesan budaya Islam. Metode penelitian melibatkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Seni Hadrah bukan sekedar pertunjukan seni, melainkan juga sebuah bahasa simbolik yang kaya akan makna budaya Islam. Majelis Assolihin berperan sebagai produsen dan penerjemah tanda-tanda Seni Hadrah, memainkan peran penting dalam menjaga, mengembangkan, dan menyebarkan nilai-nilai keagamaan dalam masyarakat. Eksistensi Seni Hadrah majelis assolihin tidak hanya mencerminkan warisan seni tradisional, tetapi juga menjadi representasi yang hidup dan relevan dari budaya dan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang peran Seni Hadrah dalam memperkuat identitas budaya dan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
700 Kesenian dan Rekreasi > Musik
700 Kesenian dan Rekreasi > Seni Rekreasi dan Pertunjukan
Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
700 Kesenian dan Rekreasi > Kesenian (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: WIRA ADITYATAMA 2020501058
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:48
Last Modified: 08 Jul 2024 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38885

Actions (login required)

View Item View Item