Louren Aprira Adeka Jasi, NIM. 14210123 (2019) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS VII MTS AL-MUHAJIRIN CINTA KASIH KECAMATAN BELIMBING KABUPATEN MUARA ENIM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran-lampiran karya ilmiah.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim”. Metode drill adalah salah satu metode dalam pembelajaran dengan adanya metode ini siswa dapat berlatih dari yang belum bisa menjadi bisa seperti halnya dalam membaca Al-Qur’an jika siswa sering berlatih membaca Al-Qur’an ada kemungkinan yang belum bisa menjadi bisa dengan bimbingan orang yang sudah mengerti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim sebelum diterapkan metode drill? 2. Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII MTs Al- Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim setelah diterapkan metode drill? 3. Apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim sebelum dan setelah diterapkannya metode drill? Penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang dipilih dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim yang berjumlah 46 siswa. dari jumlah populasi tersebut kelas VII dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 12 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi dan selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Pertama, Kemampuan membaca Al-Qur’an kelas VII MTs Cinta Kasih sebelum diterapkannya metode drill yaitu yang tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (33,3%) nilai 68 keatas, tergolong rendah sebanyak 2 orang siswa (16,7%) nilai 67 sampai dengan 68, dan tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa (50%) nilai 66 ke bawah. Kedua, Kemampuan membaca Al-Qur’an kelas VII MTs Cinta Kasih setelah diterapkannya metode drill yaitu tergolong tinggi 6 orang siswa (50%) nilai 70 ke atas, tergolong sedang 1 orang siswa (8,3%) nilai 67 sampai dengan 69, dan yang tergolong rendah sebanyak orang siswa 5 orang (41,7%) nilai dibawah 66. Ketiga, Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas VII MTs Al- Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim. Hal ini karena t hitung lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 5,22>2,20 maupun taraf signifikan 1% yaitu 5,22>3,11. Kata Kunci : metode drill dan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 04:27 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 04:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3889 |
Actions (login required)
View Item |