Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang)

Melati Sukma, Marsya (2024) Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
SKRIPSI MARSYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku pengelolaan Keuangan Keluarga (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel berjumlah 259 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan yakni masyarakat yang berpenghasilan minimal Rp1.000.000-Rp.3.000.000 perbulan. Pengolahan data primer menggunakan teknik analisis Statistical Package for Social Science (SPSS) dengan metode uji analisis regresi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh positif terhadap perilaku pengelola keuangan keluarga, sedangkan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap sikap keuangan. Selanjutnya, sikap keuangan juga tidak berpengaruh positif terhadap perilaku pengelolaaan keuangan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: MARSYA MELATI SUKMA 2020603124
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:12
Last Modified: 11 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38975

Actions (login required)

View Item View Item