**Bimbingan Konseling Islam Melalui Dakwah Mau’izah Hasanah dalam Memperbaiki Perilaku Negatif pada Santriwati Pondok Pesantren Daarul Hikmah Kecamatan Talang Kelapa**

Andini, Suci Ayu (2024) **Bimbingan Konseling Islam Melalui Dakwah Mau’izah Hasanah dalam Memperbaiki Perilaku Negatif pada Santriwati Pondok Pesantren Daarul Hikmah Kecamatan Talang Kelapa**. Masters thesis, University Islam Negeri Raden Fatah.

[img] Text
COVER .pdf - Cover Image

Download (173kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (207kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Bimbingan Konseling Islam melalui Dakwah Mau’izah Hasanah dalam Memperbaiki Perilaku Negatif pada santriwati Pondok Pesantren Daarul Hikmah Kecamatan Talang Kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku santriwati sebelum diberikan bimbingan dan melakukan penerapan, serta mengetahui bagaimana gambaran perilaku santriwati setelah diberikan bimbingan melalui metode dakwah mau’izah hasanah dalam memperbaiki perilaku negatif pada santriwati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode dakwah mau’izah hasanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran perilaku negatif santriwati sebelum dilakukan dakwah mau’izah hasanah, aspek a) kenakalan biasa b) kenakalan pelanggaran atau kejahatan, c) kenakalan khusus; 2) penerapan dakwah mau’izah hasanah dalam memperbaiki perilaku negatif pada santriwati yaitu dengan bentuk nasihat melalui kisah nabi, ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits serta bentuk ceramah dilakukan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, dan bentuk uswatun hasanah (keteladanan) melalui pemberian keteladanan atau contoh langsung melalui sikap dan perilaku; 3) setelah dilakukan dakwah mau’izah hasanah, perilaku santriwati di pondok pesantren menunjukkan adanya perubahan yang lebih baik dari sebelumnya, mulai mendengarkan perkataan guru, ustazah, mu’allimah, mulai menaati peraturan pondok, mengikuti kegiatan-kegiatan yang sudah ada, berkata sopan, dapat menghargai guru yang sedang mengajar, menghargai teman, dan mulai dapat membagi waktu dengan baik agar tidak telat dalam kegiatan pondok, tidak tidur dalam kelas, tidak bolos, tidak keluar masuk kelas pada saat jam pelajaran, perubahan tersebut dapat dilihat dari aktivitas keseharian santriwati. Kata kunci: Konseling Islam, Mau’izah Hasanah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam, Mau’izah Hasanah.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: SUCI AYU ANDINI 2030502108
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:26
Last Modified: 15 Jul 2024 03:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38995

Actions (login required)

View Item View Item