PERAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Jaya Bakti Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Sofiyani, Lutvi (2024) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Jaya Bakti Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir). PERAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Jaya Bakti Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir). (Unpublished)

[img] Text
Cover-2.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Badan Usaha Milik Desa yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Meskipun demikian tujuan BUMDes untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ini belum sepenuhnya terwujud. Sedangkan dengan adanya BUMDes ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Jaya Bakti Kecamatan Mesuji dan untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Jaya Bakti Kecamatan Mesuji menurut perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan untuk sumber data termasuk penelitian lapangan. Data diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peran BUMDes mampu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dengan adanya beberapa unit usaha yang sudah berdiri, seperti unit uasaha agen gas elpiji, PPOB, bank sampah tetapi yang berkembang sampai sekarang adalah agen gas elpiji. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran BUMDes di Desa Jaya Bakti Kecamatan Mesuji dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sudah berjalan dengan baik meskipun belum efektif sempurna, dilihat dengan perkembangan unit usaha yang sudah berjalan selama ini dengan keuntungan yang meningkat menurut ekonomi Islam, tidak hanya diukur berdasarkan materi saja tetapi juga non materi. Hal ini merupakan sifat saling tolong menolong sesama muslim, dan tentunya sesuai dengan tujuan maupun prinsip ekonomi Islam sendiri yaitu untuk kemaslahatan umat. Kata Kunci: Peran BUMDes, Perekonomian Masyarakat, Ekonomi Islam

Item Type: Article
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: LUTVI SOFIYANI 1910602016
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:29
Last Modified: 15 Jul 2024 03:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39124

Actions (login required)

View Item View Item