PENGGUNAAN SIMBOL IDENTITAS ETNIS DALAM KAMPANYE POLITIK PILKADES (Studi Kasus di Desa Triyoso Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur)

Azzahro, Dias (2024) PENGGUNAAN SIMBOL IDENTITAS ETNIS DALAM KAMPANYE POLITIK PILKADES (Studi Kasus di Desa Triyoso Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Dias Azzahro 2030702090.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan simbol identitas etnis dalam kampanye politik pilkades di desa Triyoso kecamatan Belitang kabupaten OKU Timur, serta untuk mendapatkan gambaran terkait simbol-simbol yang dimunculkan oleh calon kepala desa dalam pemilihan kepala desa Triyoso Tahun 2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori dari tokoh politik identitas Agnes Heller yang mengatakan politik identitas sekedar untuk dijadikan alat memanipulasi untuk menggalang politik guna memenuhi kepentingan ekonomi dan politiknya. Metode pada penelitian ini yang digunakan adalah metode peneltian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan simbol etnis untuk strategi politik dalam kemenangan kepala desa sangat tepat dikarenakan masayarakat di desa Triyoso mayoritas orang Jawa. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan simbol etnis dengan menggunakan simbol bahasa yaitu menggunakan bahasa Krama Jawa, bahasa Ngoko, bahasa Komering dan simbol atribut menggunakan pakaian batik khas Jawa dan baju muslim batik pria dapat mempengaruhi warga sekitar untuk mendapatkan suara dan dukungan. Simbol bahasa menunjukkan bahwa lebih menarik simpati masyarakat, karena penggunaan simbol bahasa dengan menggunakan bahasa Krama Jawa terkenal lebih sopan dipandang oleg warga. Oleh karena itu, salah satu calon kepala desa mendapatkan dampak positif dari masyarakat pada kampanye Pilkades tahun 2014. Kata Kunci: Simbol Etnis, Strategi Politik, Kampanye Pilkades

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:41
Last Modified: 16 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39173

Actions (login required)

View Item View Item