TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PEMOTONGAN GAJI KARYAWAN AKIBAT HILANGNYA BARANG PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI INDOMARET CITRA LAND PALEMBANG)

ANTIKA, SABINA RINDI (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PEMOTONGAN GAJI KARYAWAN AKIBAT HILANGNYA BARANG PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI INDOMARET CITRA LAND PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
Skripsi Sabina Rindi Antika_104854.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakjelasan peraturan pemotongan gaji bagi seluruh karyawan Indomaret Citra Land jika ada barang hilang yang menimbulkan ketidakadilan. Rumusan masalah: (1) Bagaimana mekanisme penggantian hilangnya barang sebagai dasar pemotongan gaji karyawan? (2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah tentang pemotongan gaji karyawan akibat hilangnya barang perusahaan?. Jenis penelitian yang dipakai adalah field research dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme penggantian hilangnya barang sebagai dasar pemotongan gaji karyawan dilakukan apabila terdapat barang yang hilang atau rusak. Akan tetapi, tidak ada penjelasan mengenai apakah perjanjian tersebut hanya berlaku untuk barang yang hilang dan rusak karena kesalahan bersama saja atau juga berlaku untuk kerusakan dan kehilangan barang karena kelalaian salah satu karyawan saja. Hal ini membuat karyawan yang menyebabkan barang rusak malah memasukkan daftar barang yang dirusaknya secara pribadi tersebut dalam daftar barang hilang sehingga ganti rugi dilakukan dengan memotong gaji seluruh karyawan. Tinjauan hukum ekonomi syariah tentang pemotongan gaji karyawan akibat hilangnya barang perusahaan mengandung unsur gharar karena tidak jelas apakah pemotongan tersebut hanya berlaku untuk kesalahan bersama atau juga berlaku untuk kesalahan salah satu karyawan juga. Hal ini menimbulkan unsur ketidakadilan karena saat ada karyawan merusak salah satu barang di toko mereka sengaja memasukkan barang rusak tersebut ke dalam daftar barang hilang sehingga otomatis penggantian kerugian diganti dengan pemotongan gaji seluruh karyawan. Kata Kunci: Hilang, Pemotongan Gaji, Ganti Rugi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: SABINA RINDI ANTIKA 2020104057
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:41
Last Modified: 16 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39190

Actions (login required)

View Item View Item