PERILAKU KOMUNIKASI REMAJA KORBAN PERCERAIAN ORANG TUA AKIBAT PERSELINGKUHAN DI LINGKUNGAN PERTEMANAN (Studi Kasus Di Desa Regan Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin)

PADILA, NURUL (2024) PERILAKU KOMUNIKASI REMAJA KORBAN PERCERAIAN ORANG TUA AKIBAT PERSELINGKUHAN DI LINGKUNGAN PERTEMANAN (Studi Kasus Di Desa Regan Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
NURUL PADILA 2010701021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh Perilaku Komunikasi Remaja yang berasal dari keluarga yang tidak harmonis yang dampaknya sangat berpengaruh pada proses perilaku komunikasi remaja salah satunya di Desa Regan Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Latar belakang yang telah dipaparkan, maka peneliti menemukan masalah Bagaimana Perilaku Komunikasi Remaja Korban Perceraian Orang Tua Akibat Perselingkuhan Di Lingkungan Pertemanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi remaja korban perceraian orang tua akibat perselingkuhan di lingkungan pertemanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang remaja yang latar belakang kedua orang tuanya telah bercerai. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ditemukan ada perubahan perilaku komunikasi remaja yang orang tuanya bercerai yaitu remaja menjadi tidak lancar berbicara (gagap), emosi tidak stabil (berkata kasar), sulit menyusun kata-kata. Hal tersebut dikarnakan remaja mempunyai mindset bahwa dirinya sudah tidak layak dan berbeda dengan remaja lain yang keluarganya harmonis oleh karena itu remaja korban perceraian orang tua akan membatasi pergaulannya dengan orang lain. Keluarga yang tidak utuh diakibatkan perceraian akan menimbulkan kondep diri yang negatif terhadap remaja seperti mudah emosi, berkata kasar, bahkan ucapan tidak senonoh. Adapun dimasyarakat tak jarang orang lain selalu memandang buruk seseorang yang bercerai apalagi karena perselingkuhan dan ini tentu saja akan berdampak pada pikiran dan perilaku remaja tersebut yang menyebabkan perubahan dalam proses interaksinya. Kata kunci : Komunikasi, Remaja, Perceraian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:11
Last Modified: 25 Jul 2024 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39505

Actions (login required)

View Item View Item