Yanto, Heri (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI SUSTAINABLE MARKETING ENTERPRISE (SME) DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA PRODUK ICE CREAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS ICE CREAM MIXUE ICE CREAM MOMOYO DAN ICE CREAM OMCU DI PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Slideshow
1Oz45-MW52vyf8ATL8Y5KoeN_pf329EPa Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kegiatan ekonomi para pembisnis yang sedang berkembang harus memiliki strategi agar bisa mencapai keberhasilan atas adanya persaingan yang harus dihadapi. Sustainable Marketing Enterprise (SME) perspektif ekonomi Islam mempunyai peran dan strategis untuk menghadapi persaingan, salah satu unsur Sustainable Marketing Enterprise (SME) perspektif ekonomi Islam terdapat syariah marketing value yang terdiri tiga komponen yaitu 1) Brand (Merek), 2) Service (Pelayanan), 3) Process (Proses) ketiga komponen tersebut merupakan strategi yang pokus untuk mengambil target pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implemantasi Sustainable Marketing Enterprise Dalam Menghadapi Persaingan Pada Produk Ice Cream Persfektif Ekonomi Islam Studi Kasus Ice Cream Mixue Ice Cream Momoyo dan Ice Cream Omcu di Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan spesifikasi penelitian lapangan (Field research). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah karyawan dan konsumen setiap toko Ice Cream yang menjadi subjek dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Implemantasi Sustainable Marketing Enterprise (SME) dan strategi berupa fasilitas, promosi, harga dan produk serta unsur Syariah Marketing Value sepeti 1) Brand dengan menjaga citra, kehalallan produk dan kesehatan produk. 2) Service dengan memberikan kecepatan, promosi, hadiah, dan hubungan berkelanjutan. 3) Proses dengan mengutaman Standar Operasional Pelayanan (SOP) sebagai acuan dalam proses dengan tujuan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sehingga terdapatlah bahwa Ice Cream Mixue sangat baik dalam mengimplementasikan Sustainable Marketing Enterprise (SME) sedangkan Ice Cream Momoyo baik dan Ice Cream Omcu cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekonomi Islam, Persaingan, SME |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | HERI YANTO 2020692150 |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:11 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39508 |
Actions (login required)
View Item |