PENERAPAN ASAS AL-MUSAWAH DALAM PERJANJIAN ANTARA PENYEDIA JASA KONTRUKSI ( CV.WIJAYA CIPTA) DAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (DPU) PADA PROYEK PEMELIHARAAN JALAN RUKUN SETIA PIPA REJA PALEMBANG

Nurhidayati, Mutiara (2024) PENERAPAN ASAS AL-MUSAWAH DALAM PERJANJIAN ANTARA PENYEDIA JASA KONTRUKSI ( CV.WIJAYA CIPTA) DAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (DPU) PADA PROYEK PEMELIHARAAN JALAN RUKUN SETIA PIPA REJA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Revisi cetak skripsi - for merge.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemeliharaan Jalan Rukun Setia Kelurahan Pipa Reja adalah proyek diselenggarakan oleh Pemerintah yang dimulai penggerjaan pondasi pada tahun 2021 lalu. Total Anggaran fisik yang digunakan sekitar Rp 198 juta. Proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Wijaya Cipta. Yang mana tertuang di dalam surat perjanjian/kontrak nomor: 396/02/PPK.KMNG/APBD/DPUPR/2021 Tanggal 25 Agustus 2021. Bedasarkan latar belakang diatas, maka masalah yang akan dibahas adalah Bagaimana penerapan Asas Al-Musawah dalam perjanjian/kontrak kerja nomor: 396/02/PPK.KMNG/APBD/DPUPR/ 2021 Tanggal 25 Agustus 2021?. Apa alasan-alasan penyebab penerapan asas Al-Musawah ini penting dalam kontrak kerja CV.Wijaya Cipta dan Dinas Pekerjaan Umum(DPU)?. Jenis penelitian ini adalah observational reseach dengan cara survei, yaitu penelitian yang mengambil data langsung dari populasi / responden dengan mengadakan wawancara sebagai alat pengumpul data, kemudian dari data yang diambil dilakukan pengolahan sehingga diperoleh kesimpulan dengan metode deduktif. Sedangkan jika dilihat dari sifatnya maka penelitian ini bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menjelaskan dalam bentuk kalimat yang jelas dan rinci tentang penerapan asas Al-Musawah dalam pekerjaan konstruksi fisik pada pemeliharaan Jalan Rukun Setia Kelurahan Pipa Reja. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa Penerapan asas Al-Musawah dalam kontrak kerja antara CV. Wijaya Cipta dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Nomor 396/02/PPK.KMNG/ APBD/DP UPR/2021 Tanggal 25 Agustus 2021 menjadi landasan yang penting dalam menjaga kesetaraan dan keadilan dalam hubungan kerjasama. Dalam penyelesaian sengketa, penting untuk menegakkan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah, dengan memastikan bahwa penyelesaian dilakukan secara adil dan sesuai dengan prinsip-prinsip Al-Musawah. Dengan demikian, penerapan asas Al-Musawah tidak hanya mendukung terciptanya hubungan kerjasama yang lebih baik, tetapi juga menguatkan integritas dan moralitas dalam bisnis serta meminimalisir potensi konflik di masa depan. Pentingnya penerapan asas Al-Musawah dalam kontrak kerja menunjukkan bahwa penerapan asas ini akan memastikan adanya kesetaraan, keadilan, keterbukaan, dan saling menguntungkan dalam hubungan kerjasama. Selain itu, penerapan asas Al-Musawah juga akan mendukung integritas dan nilai moralitas dalam bisnis dengan lebih adil dan bermoral.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MUTIARA NURHIDAYATI 2020104072
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:46
Last Modified: 25 Jul 2024 04:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39532

Actions (login required)

View Item View Item