PENGGUNAAN BAHASA GAUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KALANGAN MAHASISWA KOTA PALEMBANG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri dan Universitas Bina Darma)

Agustini, Sri (2024) PENGGUNAAN BAHASA GAUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KALANGAN MAHASISWA KOTA PALEMBANG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri dan Universitas Bina Darma). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Skripsi Sri Agustini 2020701035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan bahasa gaul dalam proses pembelajaran di kalangan mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perkembangan teknologi dan media sosial, faktor lingkungan yang menjadi pendorong dalam penggunaan bahasa gaul tersebut, serta pengaruh dari circle pertemanan dengan teman sebaya yang dimana beberapa faktor ini menjadikan bahasa gaul terbawa dalam kehidupan sehari-hari baik situasi nonformal ataupun situasi formal seperti halnya dalam proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik untuk melihat bahasa yang digunakan oleh manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kalangan mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri dan Universitas Bina Darma menggunakan dua metode yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. Dalam proses pembelajaran dengan dua metode ini terselip beberapa bahasa gaul yang digunakan di kelas. Dalam teori sosiolinguistik terdapat tiga elemen yang menonjol pada saat peneliti melakukan penelitian pada dua kampus terhadap penggunaan bahasa gaul dalam penggunaan bahasa gaul dalam proses pembelajaran di kalangan mahasiswa sebagai berikut identitas sosial penutur (dosen sebagai penutur atau posis yang melakukan ceramah/menyampaikan informasi , identitas sosial dari pendengar yang terlibat dalam proses komunikasi (mahasiswa sebagai penerima informasi yang diberikan dosen saat proses pembelajaran) dan lingkungan sosial tempat proses komunikasi. Kata Kunci: Bahasa Gaul, Proses Pembelajaran, Komunikasi, Dosen, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:00
Last Modified: 30 Jul 2024 01:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39587

Actions (login required)

View Item View Item