Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Harga Bahan Sembako Antara Cash Dan Tempo (Studi Kasus di Toko Tika Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin)

Oktariyah, Rani (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Harga Bahan Sembako Antara Cash Dan Tempo (Studi Kasus di Toko Tika Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (615kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Harga Bahan Sembako Antara Cash Dan Tempo Studi Kasus di Toko Tika Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Rumusan masalahnya bagaimana praktik penjualan bahan sembako antara Cash dan Tempo di toko Tika Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin? dan bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap harga bahan sembako antara Cash dan Tempo di toko Tika Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin? Praktik jual beli bahan sembako di toko Tika Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin terdapat perbedaan harga antara pembayaran secara Cash dan Tempo. Di dalam praktik jual beli bahan sembako di toko Tika ini banyak pembeli memilih menggunakan sistem pembayaran tempo, permasalahannya adalah jika pembeli lewat jatuh tempo pembayaran maka toko Tika memberikan denda sebesar 20% kepada pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik penjualan bahan sembako antara Cash dan Tempo dan untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah mengenai praktik tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian lapangan (field research). Ialah penelitian yang dilakukan secara langsung dilapangan. Jenis data yang digunakan ialah data kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga memakai teknik penentuan populasi dan sampel. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif dan disimpulkan secara deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, jual beli bahan sembako dengan sistem pembayaran tempo yang mana jika pembayarnnya lewat jatuh tempo penjual (toko Tika) memberikan denda sebesar 20%. Sedangkan pemberian denda terhadap keterlambatan pembayaran jual beli menggunakan sistem tempo menurut Hukum Ekonomi Syariah, ada 2 pendapat ulama yang bertolak belakang. Pendapat ulama yang mendukung terhadap pemberian denda dengan alasan agar tidak terjadi keterlambatan dalam pembayaran berikutnya. Sedangkan ulama lain tidak mendukung terhadap pemberian denda terhadap keterlambatan pembayaran, dengan alasan denda keterlambatan dalam pembayaran termasuk dalam kategori riba jahiliyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Cash dan Tempo, Denda, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Terbitan Berseri, Berkala, Publikasi Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: Rani Oktariyah -
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:27
Last Modified: 01 Aug 2024 04:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39588

Actions (login required)

View Item View Item