PENERAPAN KONSELING SPIRITUAL UNTUK MENGATASI GENERALISED ANXIETY DISORDER (GAD): STUDI KASUS PADA KLIEN “I” DARI GOMBAK, SELANGOR, MALAYSIA

Hasya Binti Muhammad Fikri, Hasya (2024) PENERAPAN KONSELING SPIRITUAL UNTUK MENGATASI GENERALISED ANXIETY DISORDER (GAD): STUDI KASUS PADA KLIEN “I” DARI GOMBAK, SELANGOR, MALAYSIA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam negeri (UIN) Raden Fatah.

[img] Text
DRAFT - Muka Hadapan Skripsi.docx

Download (120kB)
[img] Text
DRAFT - Abstrak.docx

Download (11kB)
[img] Text
DRAFT - Bab 1-5.docx

Download (2MB)
[img] Text
DRAFT - Daftar Pustaka.docx

Download (13kB)

Abstract

Generalised Anxiety Disorder (GAD) atau juga disebut sebagai gangguan kecemasan menyeluruh merupakan gangguan jiwa melibatkan rasa takut, cemas dan khawatir yang berlebihan dan tidak terkendali. Merujuk kepada penelitian ini, fokus penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran gangguan kecemasan GAD klien “I” seperti faktor, gejala dan tingkat gangguan kecemasan GAD. Kemudian, penelitian ini juga menjelaskan terkait bagaimana pendekatan konseling spiritual mampu mengatasi permasalahan gangguan kecemasan GAD klien “I” dengan berdasarkan Surat Al-Ma’arij dari ayat 19 hingga 32. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan dengan pendekatan kualitatif bersama, metode studi kasus yang telah dilaksanakan selama tiga pertemuan bermula 03 September 2023 hingga 10 Januari 2024. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data yang telah dikembangkan oleh Robert K. Yin yaitu penjodohan pola, eksplanasi dan analisis deret waktu. Klien “I” merupakan narasumber utama bagi penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada dampak yang signifikan antara pelaksanaan konseling spritual dengan gejala gangguan kecemasan klien “I”. Selain itu, tingkat gangguan kecemasan GAD klien “I” juga mengalami perubahan positif dari skor 14 kepada skor 11. Kesimpulannya, pendekatan konseling spiritual yang sistematis dengan berpedomankan Al-Quran terbukti mampu membawa perubahan positif dan efektif dalam mengatasi gangguan kecemasan GAD. Kata kunci: Generalised Anxiety Disorder (GAD), Konseling Spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: HASYA BINTI MUHAMMAD FIKRI 2290502093
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:09
Last Modified: 31 Jul 2024 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39605

Actions (login required)

View Item View Item