NONGKRONG SEBAGAI IDENTITAS KELOMPOK DALAM PERTUKARAN INFORMASI (Analisis Cultural Studies Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah)

Mulia, Zaharani Ompu (2024) NONGKRONG SEBAGAI IDENTITAS KELOMPOK DALAM PERTUKARAN INFORMASI (Analisis Cultural Studies Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
ZAHARANI OMPU MULIA 2030701147.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Menghabiskan waktu di coffee shop kini telah menjadi kebiasaan yang tak terlepas dari mahasiswa, bagaimana fenomena nongkrong mahasiswa menjadi trend yang telah menjadi kebutuhan mereka. Penelitian ini membahas mengenai “Nongkrong Sebagai Identitas Kelompok Dalam Pertukaran Informasi (Analisis Cultural Studies Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah)” yang mendeskripsikan latar belakang dan menggambarkan mahasiswa yang hobi nongkrong sehingga menciptakan identitas kelompok di kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori Identitas Budaya yang dikembangkan oleh Marry Jane Collier. Teori ini dikembangkan untuk memahami bagaimana proses komunikasi dilakukan untuk membangun dan menegosiasikan identitas kelompok budaya dan hubungan dalam konteks tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana identitas kelompok terbentk melalui nongkrong. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa budaya nongkrong di coffee shop dapat membentuk identitas kelompok berdasarkan pertukaran informasi yang dilakukan oleh anak muda seperti mahasiswa. Kata Kunci: Nongkrong, Interaksi Sosial, Identitas Kelompok, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:33
Last Modified: 01 Aug 2024 04:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39672

Actions (login required)

View Item View Item