PERSEPSI MASYRAKAT MUSLIM KERTAPATI TERHADAP KEBIJAKAN VAKSINASI COViD-19 ( studi kasus pada kelurahan karya jaya, Kecamatan kertapati)

Hafizin, M safri (2005) PERSEPSI MASYRAKAT MUSLIM KERTAPATI TERHADAP KEBIJAKAN VAKSINASI COViD-19 ( studi kasus pada kelurahan karya jaya, Kecamatan kertapati). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD SAFRI HAFIZIN FULL BAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya fenomena Covid-19 yang menjadi bencana internasional sejak tahun 2019-2022. Pemerintah Indonesia lalu mencari solusi dengan mengeluarkan kebijakan vaksinasi Covid-19 untuk menanggulangi pandemi covid-19. Dari kebijakan ini, muncul reaksi dari masyarakat Indonesia menjadi dua kabu yaitu setuju dan menolak. Tulisan ini akan melihat persepsi masyarakat terhadap kebijakan tersebut. Persepsi masyarakat yang akan dilihat adalah persepsi masyarakat Muslim, Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati Palembang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah apa jenis-jenis vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan di Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Pertama, bagaimana persepsi masyarakat muslim kertapati terhadap kebijakan vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang? Kedua, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat Muslim Kertapati terhadap kebijakan vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Alat kumpul data utama dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian Mayoritas setuju akan diadakannya kebijakan vaksin dan sebagiannya tidak dengan alasannya tersendiri. Alasan tersebut penulis petakan kepada tiga yakni masyarakat yang sudah mengetahui efek positif dari vaksinasi, masyarakat yang percaya dan taat kepada kebijakan Pemerintah, dan terakhir masyarakat yang menyandarkan kepada nilai yang mereka yakini yakni, agama. Dan yang tidak setuju vaksin (Anti Vaksin). Mereka terbagi menjadi tiga dalam alasan ketidaksetujuannya. Masyarakat yang tidak mau divaksinasi dengan berlandaskan pemahaman agama, vaksin hanyalah konspirasi pemerintah, dan takut efek samping vaksin. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Muslim Kertapati terhadap Kebijakan Vaksinasi adalah latar belakang budaya masyarakat, pengalaman masa lalu, nilai-nilai yang dianut, dan berita-berita yang berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Muslim Kertapati, Vaksin Covid-19
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: M. SAFRI HAFIZIN 1730404046
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:15
Last Modified: 06 Aug 2024 03:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39729

Actions (login required)

View Item View Item