ANALISIS FRAMING DALAM ISU PEMBERITAAN INDONESIA BATAL MENJADI TUAN RUMAH PIALA DUNIA U-20 PADA MEDIA ONLINE TRIBUNNEWS.COM DAN KOMPAS.COM

Amelia, Cici (2024) ANALISIS FRAMING DALAM ISU PEMBERITAAN INDONESIA BATAL MENJADI TUAN RUMAH PIALA DUNIA U-20 PADA MEDIA ONLINE TRIBUNNEWS.COM DAN KOMPAS.COM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI CICI AMELIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI CICI AMELIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI CICI AMELIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI CICI AMELIA.pdf

Download (3MB)
[img] Slideshow
view_usp=drivesdk
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul ―Analisis Framing Dalam Isu Pemberitaan Indonesia Batal Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Pada Media Online Tribunnews.com dan Kompas.com‖. Saat ini apa saja yang dipublikasikan media akan menjadi perhatian publik. Hal ini disebabkan oleh kuatnya peran media massa untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat. Berita mengenai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 menjadi sorotan media dan menjadi pemberitaan yang aktif diberitakan. Hal ini karena Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola internasional yang diselenggarakan oleh FIFA, dan juga kali pertama Indonesia terpilih menjadi tuan rumah. Untuk menganalisis bagaimana framing kedua media dalam membingkai suatu realitas, penelitian ini menggunakan model framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan strukturalnya seperti, sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media online tribunnews.com dan kompas.com dalam membingkai suatu realitas, dan mengetahui bagaimana perbandingan antara dua media tersebut. Karena framing dalam sebuah berita menjadi satu ciri khas berita. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi dan observasi. Data primer yang diperoleh oleh media tribunnews.com dan kompas.com, dilengkapi data sekunder seperti buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua media tersebut memiliki perbedaan dalam pembingkaiannya. Secara sintaksis pada kompas.com lebih detail dalam menceritakan fakta, dan rinci dari awal penetapan status Indonesia sebagai tuan rumah sampai keadaan Indonesia pasca batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Sedangkan tribunnews.com lebih cenderung membahas tokoh politik. Pada skrip, kedua media tersebut unsur 5W+1H sama-sama tidak lengkap. Kedua media memiliki beberapa tematik dalam beritanya. Secara retoris tribunnews.com lebih memakai diksi yang menonjol dan menggunakan gambar yang menonjolkan pada ranah politik sedangkan dari kompas.com memakai diksi yang lebih ringan dan gambar stadion pada semua sampel. Seperti ingin menonjolkan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah, namun harus gagal. Kata Kunci: Analisis Framing; Berita; Piala Dunia; Media Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing; Berita; Piala Dunia; Media Online.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: CICI AMELIA 2030503095
Date Deposited: 09 Aug 2024 01:01
Last Modified: 09 Aug 2024 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39826

Actions (login required)

View Item View Item