PERAN TOKOH ADAT DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI ADAT PERNIKAHAN (ANALISIS TERHADAP PERGESERAN NILAI ADAT PERNIKAHAN DI DESA TANJUNG BATU OGAN ILIR)

Yuliza, Nanda (2024) PERAN TOKOH ADAT DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI ADAT PERNIKAHAN (ANALISIS TERHADAP PERGESERAN NILAI ADAT PERNIKAHAN DI DESA TANJUNG BATU OGAN ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI FULL BAB NANDA YULIZA-1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Tokoh Adat Dalam Mempertahankan Nilai Adat Pernikahan (Analisis Terhadap Pergeseran Nilai Adat Pernikahan Di Desa Tanjung Batu Ogan Ilir). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pergeseran nilai adat pernikahan di desa Tanjung Batu Ogan Ilir, faktor penyebab terjadinya pergeseran nilai pernikahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis data yang digunakan data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. Pergeseran nilai adat pernikahan di desa Tanjung Batu yaitu pertama adalah adat tradisi ngidang yang menjadi perancisan. Kedua nilai adat tradisi rebana yang menjadi orgen. Ketiga nilai adat menggel yang menjadi undangan. Keempat cincin pelabuhan dari bahan tembaga yang menjadi cincin pelabuhan dari bahan emas. Dan yang terakhir atau kelima yaitu nilai adat malam beinai yang banyak pemuda pemudi yang menjadi sedikit pemuda pemudi. 2. Faktor penyebab terjadinya pergeseran pernikahan di desa Tanjung Batu Ogan Ilir, faktor penyebabnya adalah faktor perkembangan zaman, faktor ekonomi,faktor kepraktisan waktu. 3. Cara peran tokoh adat dalam mempertahankan nilai adat pernikahan di desa Tanjung Batu, yaitu saling menjaga supaya adat pernikahan tetap ada sepanjang waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, Adat Pernikahan, Tokoh Adat
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: NANDA YULIZA 2030505040
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:09
Last Modified: 12 Aug 2024 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39872

Actions (login required)

View Item View Item