FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PETANI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PERTANIAN (STUDI KASUS PADA DESA GALANG KEC. ULU MUSI KAB. EMPAT LAWANG)

EDO, ARIANSYAH (2015) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PETANI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PERTANIAN (STUDI KASUS PADA DESA GALANG KEC. ULU MUSI KAB. EMPAT LAWANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakat merupakan salah satu rukun Islam, zakat adalah mengeluarkan Sebagian tertentu dari harta tertentu sampai nisab kepada orang yang berhak menerimanya dan merupakan kewajiban umat Islam yang telah ditetapkan oleh al-Qur’an, Sunnah Nabi dan Ijma’ para ulama. Desa Galang Kecamatan Ulu Musi Kab. Empat Lawang memiliki pertanian yang cukup luas maka sebagian masyarakat penghasilannya dari hasil pertanian, akan tetapi petani belum memahami tentang zakat pertanian maka mereka masih sangat kurang dalam mengemalkan zakat pertanian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kepatuhan petani terhadap zakat pertanian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, disusun secara sistematis sehingga mudah dipahami dan menjabarkan dalam bentuk kutipan untuk mengetahui faktor-faktor kepatuhan petani dalam zakat pertanian di Desa Galang Kecamatan Ulu Musi Kab. Empat Lawang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan petani dalam membayar zakat pertanian adalah faktor internal dan eksternal, faktor internal terdiri dari religiusitas (kurang nya keyakianan serta ketaatan petani tentang zakat pertanian sehingga tidak adanya dorongan dari dalam diri petani untuk membayar zakat pertanian ), kesadaran(tidak ada kesadaran dari diri sendiri dimana petani tidak tahu tentang zakat pertanian), pengetahuan dan pendidikan, dan pengalaman (tidak adanya pengalaman petani baik dari dunia kerja, organisasi ataupun pendidikan). Sedangkan faktor eksternal adalah lokasi (lokasi/jarak BAZNAS yang cukup jauh dari dari tempat tinggal), sosialisas (kurang nya sosialisasi dari lembaga BAZNAS) dan Masyarakat. Ketiga faktor tersebut sangat mempengaruhi langka atau kesadaran dari masyarakat untuk membayar zakat pertanian. Kata Kunci : Petani, Zakat Pertanian, BAZNAS, Kepatuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: EDO ARIANSYAH 2030604110
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:09
Last Modified: 12 Aug 2024 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39892

Actions (login required)

View Item View Item