PENGARUH BACAAN AYAT AL-QUR’AN TERHADAP KANDUNGAN SENYAWA KIMIA DAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI PADA DAUN KUNYIT (CURCUMA LONGA LINN)

Ningsih, Destriani (2024) PENGARUH BACAAN AYAT AL-QUR’AN TERHADAP KANDUNGAN SENYAWA KIMIA DAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI PADA DAUN KUNYIT (CURCUMA LONGA LINN). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
abstrak.pdf

Download (179kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penggunaan antibiotik sintetik sebagai obat dapat menyebabkan resistensi obat sehingga perlu dikembangkan obat baru dari tanaman herbal yang berpotensi sebagai antibakteri seperti tanaman kunyit. Tanaman kunyit memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, triterpenoid, flavonoid, tannin dan polifenol. Dalam islam Allah telah menganugerahkan Al- Qur’an sebagai rahmat dan obat penyembuh penyakit sesuai dengan surat Al Isra ayat 82. Oleh karena itu, terapi Al Qur’an yang dikombinasi dengan obat herbal diharapkan mampu membantu menyembuhkan penyakit secara lebih optimal. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis pengaruh bacaan ayat Al-Qur’an terhadap kandungan senyawa kimia dan aktivitas antibakteri pada daun kunyit (Curcuma longa linn). Metode penelitian ini yaitu membandingkan kandungan kimia dan aktivitas antibakteri tanaman kunyit yang ditanam normal dengan tanaman kunyit yang diberi perlakuan bacaan Al-Qur’an selama 20 hari. Tanaman kunyit diekstraksi dengan pelarut metanol lalu diidentifikasi menggunakan KLT, FT-IR dan GC-MS lalu diuji aktivitas antibakterinya. Hasil pengukuran KLT, FT-IR dan GC-MS menunjukkan bahwa kedua perlakuan memiliki kesamaan jenis senyawa kimia yang terkandung tetapi berbeda konsentrasi yang ditunjukkan pada GC-MS. Hasil daya hambat aktivitas antibakteri ekstrak daun kunyit yang normal hamper sama dengan daun yang dibacakan Ayat Al-Qur’an. Maka dapat disimpulkan bahwa kandungan kimia dan aktivitas antibakteri pada tanaman kunyit yang dibacakan ayat Al-Qur’an sama dengan tanaman kunyit normal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: maserasi, ekstraksi, obat tradisional, antibakteri, ayat suci
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
500 Sains dan Matematika > 540 Kimia dan ilmu yang terkait
500 Sains dan Matematika > 580 Botani, Ilmu Tumbuhan
Sains dan Teknologi > Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: DESTRIANI NINGSIH 1930802026
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:37
Last Modified: 14 Aug 2024 08:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39999

Actions (login required)

View Item View Item