TERAPI AKUPRESUR TERHADAP INTENSITAS NYERI DISMENOREA PRIMER PADA MAHASISWI SEMESTER VII FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

SARI, MASIKA (2023) TERAPI AKUPRESUR TERHADAP INTENSITAS NYERI DISMENOREA PRIMER PADA MAHASISWI SEMESTER VII FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI MASIKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
ABSTRAK MASIKA SARI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1-5 MASIKA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MASIKA SARI.pdf

Download (265kB)

Abstract

ABSTRAK Menstruasi adalah pendarahan dari rahim wanita yang disertai dengan luruhnya lapisan rahim atau endometrium. Beberapa wanita usia subur akan mengalami kram pada saat menstruasi keadaan ini disebut dengan dismenorea. Faktanya bahwa ada beberapa terapi alternatif yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi yaitu terapi akupresur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terapi akupresur pada intensitas nyeri dismenorea primer pada mahasiswi semester VII Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen mix kualitatif dengan pendekatan eksperimen murni menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen desain dengan rancangan non equivalen control group dimana terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam semester VII yang berjumlah 174 mahasiswi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswi program studi Tasawuf dan Psikoterapi berjumlah 39 mahasiswi, yang mana mahasiswi yang mengalami nyeri haid berjumlah 14 mahasiswi. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh terapi akupresur terhadap intensitas nyeri dismenorea primer yaitu dari 7 subjek kelompok eksperimen saat dilakukan pretest mendapatkan hasil: 2 mahasiswi mengalami nyeri berat, 4 mengalami nyeri sedang dan 1 mengalami nyeri ringan. Setelah dilakukan terapi selama sebulan penuh yaitu dari tanggal 27 Januari 2023- 27 Februari 2023 yang mana subjek diberikan terapi sebanyak 2 kali dalam seminggu terdapat penurunan terhadap tingkat nyeri dimana 2 mahasiswi mengalami nyeri sedang, 2 mengalami nyeri ringan dan 2 mahasiswi yang tidak lagi merasakan nyeri dismenorea. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perubahan pada tingkat nyeri yang dirasakan subjek. Hasil pretest pada kelompok kontrol 2 mahasiswi mengalami nyeri berat dan 5 mengalami nyeri sedang setelah posttest mendapatkan hasil 2 mahasiswi mengalami nyeri berat dan 5 mengalami nyeri berat sehingga kelompok kontrol ini berfungsi sebagai mana mestinya. Dapat kita simpulkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan terapi akupresur terhadap intensitas nyeri dismenorea primer pada mahasiswi semester VII Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Penurunan tingkat nyeri ini menandakan bahwa terapi akupresur dapat menjadi pengobatan alternatif untuk mengatasi nyeri dismenorea primer. Diharapkan agar penelitian selanjutnya menggunakan teknik penekanan pada titik-titik akupresur yang lainnya baik sebagai titik tunggal maupun sebagai titik kombinasi dalam menurunkan tingkat nyeri dismenorea. Peneliti juga menyarankan agar penelitian selanjutnya menggunakan alternatif pengobatan tradisional lainnya yang dapat menurunkan tingkat nyeri dismenorea. Kata kunci: Dismenorea, Mahasiswi, Terapi Akupresur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dismenorea, Mahasiswi, Terapi Akupresur
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tasawuf dan Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: masika sari -
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:09
Last Modified: 15 Aug 2024 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40011

Actions (login required)

View Item View Item