Krisis Lingkungan Ditinjau Dari Term Al-Fasad Dalam Al-Qur'an (Studi Analisis Kitab Tafsir Fathul Qadir Karya Asy-Syaukani)

Muthahhari, Husein Faisal (2024) Krisis Lingkungan Ditinjau Dari Term Al-Fasad Dalam Al-Qur'an (Studi Analisis Kitab Tafsir Fathul Qadir Karya Asy-Syaukani). Krisis Lingkungan Ditinjau Dari Term Al-Fasad Dalam Al-Qur'an (Studi Analisis Kitab Tafsir Fathul Qadir Karya Asy-Syaukani) (20). (Unpublished)

[img] Other (Krisis Lingkungan Ditinjau Dari Term Al-Fasad Dalam Al-Qur'an (Studi Analisis Kitab Tafsir Fathul Qadir Karya Asy-Syaukani))
Husein Faisal Muthahhari
Restricted to Registered users only until 15 August 2025.

Download (939kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengambil tema “Krisis Lingkungan Ditinjau Dari Term Al-Fasad Dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Kitab Tafsir Fathul Qadir Karya Asy-Syaukani)”. Krisis merupakan peristiwa yang dapat mengarah pada situasi tidak stabil dan berbahaya. Krisis dianggap membawa perubahan negatif dalam urusan keamanan, sosial, atau lingkungan, ketika krisis terjadi secara tiba-tiba, dengan sedikit atau tanpa peringatan. Krisis lingkungan adalah suatu peristiwa dimana keadaan alam yang sudah tidak lagi stabil atau mengalami kerusakan, yang disebabkan oleh pengeksploitasian alam secara berlebihan. Istilah fasad di dalam Al-Qur’an yang berarti sesuatu yang keluar dari keseimbangan. Sementara cakupan makna fasad ternyata cukup luas, yaitu menyangkut jiwa/rohani, badan/fisik, dan apa saja yang menyimpang dari keseimbangan yang semestinya. Jenis penelitian ini adalah kajian tafsir Al-Qur’an. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data library research (studi kepustakaan), yaitu dengan cara mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dengan bantuan buku, catatan, artikel, majalah, jurnal dan lainnya. Adapun data yang dikumpulkan itu nantinya mencakup data primer dan data sekunder yang akan dituangkan dalam penulisan penelitian. Penelitian ini menghasilkan bahwa: Asy-Syaukani menafsirkan al-fasad ialah terjadinya setiap yang bisa disebut kerusakan, baik berpangkal dari perbuatan manusia yang berupa kemaksiatan-kemaksiatan mereka, perbuatan-perbuatan jahat, saling memutuskan hubungan, saling menganiaya, saling membunuh, dan sebagainya, maupun dari Allah SWT yang disebabkan oleh dosa-dosa mereka, seperti paceklik, banyaknya ketakutan dan kematian, serta kurangnya tanaman dan buah-buahan. Banyak kerusakan yang terjadi di muka bumi ini sebagian besar terjadi karena perbuatan manusia. Seperti perbuatan maksiat dan pengeksploitasian alam. Berikut solusi penawar dari Al-Qur’an tentang cara mencegah dan mengatasi krisis lingkungan yang terjadi di muka bumi lingkungan yaitu iman dan takwa, kemudian tidak melampaui batas, sadar lingkungan dan pengelolaan lingkungan yang stabil dan teratur. Kata Kunci: Krisis Lingkungan, Term Al-Fasad, Penanggulangan Bencana.

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: HUSEIN FAISAL MUTHAHHARI 1920304032
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:09
Last Modified: 15 Aug 2024 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40027

Actions (login required)

View Item View Item