PENGELOLAAN ZAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM PERSPEKTIF ASAS HUKUM EKONOMI SYARI'AH (STUDI PADA BAZNAS KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

Yolan, Yolan (2024) PENGELOLAAN ZAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM PERSPEKTIF ASAS HUKUM EKONOMI SYARI'AH (STUDI PADA BAZNAS KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI YOLAN UIN Raden Fatah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Zakat memainkan peran penting dalam konteks sosio-ekonomi sebagai indikator dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan kondisi ekonomi yang lemah. Menurut laporan BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir pada 2018-2022 tercatat realisasi pengumpulan dana zakat di Kabupaten Ogan Komering Ilir mencapai Rp. 4.310.444.870,-. Salah satu problematika dalam pengelolaan zakat khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir ini adalah masalah data kemiskinan. Banyaknya masyarakat miskin terutama masyarakat yang tinggal di desa atau juga masyarakat di daerah pinggiran Kabupaten Ogan Komering Ilir yang seharusnya memenuhi syarat sebagai mustahiq, namun tidak terdata dengan baik oleh BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian lapangan (field reserach) yaitu penelitian yang dilakukan langsung pada informan. Sumber data ini terdiri dari data primer, sekunder dan tersier yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir mendistribusikan dana zakat kepada mustahiq sudah sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat yangmana zakat didistribusikan kepada mustahiq melalui program-program yang sudah terealisasikan dengan baik. Kemudian terkait penerapan asas hukum ekonomi syariah dalam pengelolaan zakat antara lain dengan asas al-muawanah dimana BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam melakukan penggalian sumber zakat, selain membentuk UPZ, juga telah melakukan kerjasama dengan Media, Kementerian Agama dan lembaga perbankan. Asas manfa’ah, BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir telah berusaha memberikan manfaat yang besar bagi para mustahiq, berbagai bentuk program yang dilaksanakan juga telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan mustahiq. Asas 'adamul gharar dan ash-shiddiq bahwa pada BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir dapat dilihat adanya informasi tentang pengelolaan zakat yang mudah dipahami dan dapat diakses oleh publik. Asas Al-musawah dimana BAZNAS telah berusaha memberikan perlakuan yang setara dan adil dengan mendistribuskan dana zakat secara selektif agar dana zakat tepat sasaran dan merata. Asas pemerataan dimana BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir menginterpretasikan nilai pemerataan dengan adanya database mustahiq yang telah diaudit dengan kategori dan prioritasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Asas Hukum Ekonomi Syariah, BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: YOLAN 2020204075
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:15
Last Modified: 16 Aug 2024 07:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40041

Actions (login required)

View Item View Item