PEMANFAATAN DESTINASI WISATA DANAU KONGAR TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin

REZHITA, RIZA (2024) PEMANFAATAN DESTINASI WISATA DANAU KONGAR TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
Surat Ket Bebas Pustaka riza .pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Slideshow
SKRIPSI COVER RIZA REZHITA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Slideshow
SKRIPSI 1-4 RIZA REZHITA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Slideshow
SKRIPSI 5 RIZA REZHITA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Slideshow
SKRIPSI DAPUS RIZA REZHITA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata atau yang lazim disebut dengan wisata merupakan kegiatan usaha masyarakat yang harus didukung dengan UU No 10 Tahun 2009 menyebutkan bahwa keberadaan objek wisata pada suatu daerah akan sangat menguntungkan seperti meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), meningkatnya taraf hidup masyarakat dan memperluas kesempatan kerja. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisi Pemanfaatan Destinasi Wisata Danau Konger Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Rumusan masalam dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana cara masyarakat dalam pemanfaatan destinasi wisata danau konger dan Apa faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam pemanfaatan destinasi wisata danau konger. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui cara masyarakat dalam memanfatkan destinasi wisata danau konger dan Untuk mengetahui faktor pendukung masyarakat dalam memanfaatkan destinasi wisata danau konger. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kesejahteraan Masyarakat yang dikemukakan oleh Todaro Stephen C.Smith yaitu upaya untuk mencapai kesejahteraan masyarakat secara material, duniawi dan spiritual dapat di lakukan dengan tiga hal dasar tingkat kebutuhan dasar, tingkat kehidupan, dan memperluas skala ekonomi individu dan bangsa. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif-Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif dan kegiatan analisis data dilakukan dengan menggunakan Lexi J.Moleong, yaitu Redukasi data, Deskriptif data, Penyajian data, dan Verifikasi dan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan destinasi wisata danau konger dilakukan dengan dua cara, yaitu masyarakat dapat terbuka lapangan pekerjaan dan masyarakat dapat berdagang di kawasan wisata danau konger. Kemudian adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam pemanfaatan destinasi wisata danau konger, yaitu: faktor pendukung berupa air pasang, pemanfaatan secara modern dan faktor penghambatnya berupa air surut, pemanfaatan secara tradisional. Kemudian dengan adanya kegiatan pemanfaatan destinasi wisata ini maka kesejahteran masyarakat meningkat. Kata Kunci: Pemanfaatan, Wisata Danau Konger, Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Wisata Danau Konger, Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: RIZA REZHITA
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:15
Last Modified: 16 Aug 2024 07:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40049

Actions (login required)

View Item View Item