STRATEGI DAKWAH LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN AL-MUHAJIRUN DALAM MEMBERANTAS BUTA HURUF AL-QUR’AN PADA MASYARAKAT KOTA BATURAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Rakasiwi, Aldoki (2023) STRATEGI DAKWAH LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN AL-MUHAJIRUN DALAM MEMBERANTAS BUTA HURUF AL-QUR’AN PADA MASYARAKAT KOTA BATURAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Dakwah Lembaga Pendidikan Qur’an Al-Muhajirun Dalam Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an Pada Masyarakat Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Al-Qur‟an sebagai pedoman umat Islam, sudah seharusnya sebagai muslim harus paham dengan Al-Qur‟an. Mempelajaran Al-Qur‟an langkah awal dalam memahami Islam itu sendiri. Al-Qur‟an berfungsi sebagai sumber ajaran Islam, juga sebagai dasar petunjuk manusia didalam berfikir, beramal dan berbuat. Untuk memahami fungsi Al-Qur‟an tersebut, maka setiap manusia yang beriman harus berusaha belajar mengenal dengan fasih dan benar untuk mengamalkan isi kandungan Al-Qur‟an dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keadaan Masyarakat Kota Baturaja terkait buta huruf Al-Qur‟an, faktor pendukung dan penghambatnya serta mengetahui dan memahami strategi dakwah Lembaga Pendidikan Qur‟an Al-Muhajirun dalam memberantas buta huruf Al-Qur‟an. Manfaat penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah bahwa masih tinggi nya buta huruf Al Qur‟an pada Masyarakat kota Baturaja dan membantu dalam memberantas buta huruf Al-Qur‟an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitia deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan melakukan wawancara secara langsung untuk mengetahui keadaan masyarakat yang buta huruf Al-Qur‟an. Lokasi penelitian di Lembaga Pendidikan Qur‟an Al Muhajirun beralamat di Jl. Di Panjaitan No. 434C Sukaraya Kec. Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Hasil penelitian berupa mengetahui bahwa ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui sama sekali dengan huruf-huruf Al-Qur‟an, tidak benar dalam penyebuta Makharijul hurufnya atau tidak mampu membaca, menyebut huruf-huruf Al-Qur‟an dengan benar sesuai kaidah yang telah di tetapkan. Dan sebagian dari masyarakat rata rata tidak mengetahui dengan hukum tajwid, terdapat faktor pendukung dan penghambat, dan mengetahui strategi dakwah yang di terapkan Lembaga Pendidikan Al-Muhajirun dalam memberantas buta huruf Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Dakwah, Buta huruf Al-Qur'an
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ALDOKI RAKASIWI 202051112
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:04
Last Modified: 20 Aug 2024 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40183

Actions (login required)

View Item View Item