PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP HARGA SAHAM INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE JULI 2011 - JUNI 2014 (Skripsi)

Syari, Ditha Fitria (2016) PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP HARGA SAHAM INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE JULI 2011 - JUNI 2014 (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Ditha Fitria Syari_FebEkoIsl.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual belikan, salah satunya saham. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya. Ada beberapa faktor makro yang mungkin bisa mempengaruhi harga saham seperti faktor inflasi dan nilai tukar rupiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Harga Saham ISSI Periode Juli 2011 sampai Juni 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data sekunder. Penelitian ini menggunakan tiga variabel operasional yaitu: Inflasi (X1), Nilai Tukar Rupiah (X2) dan Harga Saham ISSI (Y). Uji statistik yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah model analisis-statistik dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif, yakni regresi linier berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Harga Saham ISSI, sedangkan variabel independen adalah Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah. Dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa pertama, secara simultan Inflasi berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham ISSI dan Nilai Tukar Rupiah tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap Harga Saham Index Saham Syariah Indonesia (ISSI). Kedua, Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh positif terhadap Harga Saham Index Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Harga Saham ISSI, Inflasi, dan Nilai Tukar Rupiah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:40
Last Modified: 28 Apr 2016 07:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item