Khadijah, Siti (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PALTV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL DI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Cover Skripsi Siti Khadijah .pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Skripsi Siti Khadijah.pdf Download (52kB) | Preview |
|
Text
Bab 1-5 Skripsi Siti Khadijah .pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
|
Text
Daftar Pustak Skripsi Siti Khadijah.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi PALTV dalam Mempertahankan Eksistensinya sebagai Televisi Lokal di Palembang Kehadiran televisi lokal dianggap efisien dalam masyarakat, dikarenakan tidak semua wilayah dapat terjaring oleh televisi nasional. Televisi lokal harus menghadapi arus persaingan televisi nasional dan swasta. Bukan hanya itu PALTV juga harus bersaing dengan TV lokal yang berada pada wilayah siaran yang sama, televisi digital, dan media penyiaran streaming internet lainnya. Maka untuk tetap bertahan dalam industri penyiaran lokal, PALTV harus mempunyai strategi-strategi untuk bertahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi PALTV dalam mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal di Palembang dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal di Palembang. Menggunakan teori Ekologi media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler. Metodologi peneltian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan mengumpulkankan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan PALTV dalam mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal antara lain, 1) Type of contens PALTV melakukan Strategi program dengan melakukan perencanaan program, strategi dalam produksi dan pembelian program, menempatkan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan penonton, serta melakukan pengawasan dan evaluasi program, 2) Melakukan strategi dalam mempertahankan audiennya dengan memberikan update terbaru dan hal-hal yang dekat dengan pemirsanya, 3) Type of audiens PALTV Melakukan Segmentasi, Targeting, dan Positioning dalam Merebut Pasar Audience dengan melakukan segmentasi audien berdasarkan semua kalangan, memilih target penonton sesuai dengan porsi program, dan membangun persepsi masyarakat melalui tagline, 4) Capital (modal) PALTV Melakukan Strategi Pemasaran dalam Memasarkan Program PALTV yaitu menawarkan kepada pemasang iklan dengan memberikan ratecard, melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta, mengadakan event-event dan kegiatan off air, 5) PALTV memanfaatkan teknologi internet. Faktor pendukungnya adalah PALTV merupakan stasiun televisi lokal pertama yang ada di kota palembang, banyak penghargaan yang diraih dan juga televisi ini sangat akrab dengan nuansa kental lokal palembang sehingga dengan mudah diterima masyarakat. Faktor penghambat kehadiran teknologi yang semakin berkembang saat ini membuat hadirnya media sosial yang bisa diakses lebih mudah dan luas, sehingga menjadi salah satu kendala yang di hadapi stasiun televisi untuk tetap terus mempertahankan eksistensinya ditengah perkembangan teknologi yang pesat ini. Kata kunci: Strategi, Eksistensi, Televisi Lokal, Ekologi Media
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | SITI KHADIJAH 2030501139 |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 08:49 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 08:49 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40223 |
Actions (login required)
View Item |