DOUBLE BURDEN KELOMPOK WANITA TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI PADA KELOMPOK WANITA TANI DESA MENANTI KABUPATEN MUARA ENIM)

Asriwati, Ani (2023) DOUBLE BURDEN KELOMPOK WANITA TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI PADA KELOMPOK WANITA TANI DESA MENANTI KABUPATEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER ANI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
ABSTRAK-2.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Judul dalam penelitian ini adalah Double Burden Kelompok Wanita Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteran Keluarga Prespektif Maslahah Mursalah (Studi Pada Kelompok Wanita Tani Desa Menanti Kabupaten Muara Enim) double burden kelompok wanita tani ini adalah perempuan mempunyai beban ganda (Double Burden), selain mengurus rumah tangga, perempuan juga merupakan pekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Karena pendapatan suami yang kurang mencukupi untuk kebutuhan maka dari itu istri ikut membantu suami untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Penelitian ini tujuanya untuk mengetahui Double Burden Kelompok Wanita Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Prespektif Maslahah Mursalah (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Desa Menanti Kabupaten Muara Enim). Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Faktor terjadinya double burden kelompok wanita tani Menanti Jaya yaitu: (1) pendidikan (2) terpaksa oleh keadaan karena pendapatan suami kurang (3) aktualisasi diri. Program kelompok wanita tani Menanti Jaya termasuk Maslahah yang dibutuhkan untuk menyempurnakan kebutuhan pokok dalam menjaga Maqashid syari’ah (Agama, Jiwa, Akal, Keturunan, dan Harta) yang mana hal tersebut sesuai dengan 8 fungsi keluarga sejahtera yang menjadi indikator terwujudnya peningkatan dalam kesejahteraan keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Double Burden, Kelompok Wanita Tani, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ani Asriwati -
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:56
Last Modified: 21 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40273

Actions (login required)

View Item View Item