Agustina, Della (2024) MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI ALAT PERSONAL BRANDING PADA AJANG BUJANG GADIS PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
Della Agustinaa 1930701055.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Di era moderenisasi seperti sekarang, instagram menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang dalam menunjang aktivitasnya. Fitur yang menarik dan berbagai kemudahan yang dikemas di dalamnya menjadikan media sosial Instagram bukan lagi menjadi media dalam melakukan interaksi dan komunikasi tetapi lebih sebagai media aktualisasi diri seseorang untuk menampilkan dirinya di ruang publik. Personal branding yang efektif menjadi lebih mudah dicapai orang berkat pertumbuhan media sosial, khususnya Instagram. Mereka yang aktif memanfaatkan Instagram sebagai platform untuk meningkatkan brand dan identitas pribadinya. Mengetahui bagaimana Bujang Gadis Palembang mengelola akunnya untuk mengembangkan personal brandingnya di Instagram menjadi tujuan penelitian ini. Dengan menggunakan analisis data interaktif kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. berdasarkan teori “Impression management’ dimana peneliti ingin melihat strategi presentasi diri yang dibangun di atas kemampuan seseorang agar dengan cepat dapat membentuk opini orang lain dengan menyoroti kualitas yang menguntung dirinya. Ke-7 narasumber dipilih secara acak dari anggota Bujang Gadis Palembang yang mempunyai pengikut Instagram terbanyak untuk mengikuti wawancara mengenai data primer. Untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang bagaimana Instagram digunakan untuk personal branding, metode pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Berdasarkan temuan penelitian Bujang Gadis Palembang mengelola profil Instagram mereka menggunakan berbagai cara untuk mengembangkan personal branding mereka. Untuk meningkatkan personal dan citra di Instagram, mereka secara aktif menggunakan fitur dan materi visual platform. Berdasarkan temuan penelitian, Bujang Gadis Palembang dapat secara efektif meningkatkan identitas dan citra mereka dengan menggunakan platform media sosial seperti Instagram untuk personal branding. Bujang Gadis Palembang dapat memanfaatkan potensi media sosial semaksimal mungkin untuk membangun personal branding yang kuat dan autentik dengn mengelola profil Instagram mereka secara efektif. Kata Kunci : Personal Branding, Instagram, Bujang Gadis
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FISIP |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:01 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:01 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40369 |
Actions (login required)
View Item |