Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan tentang Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Masyarakat Kota Palembang Menabung di Bank Syariah Indonesia

Zahara, Aisyah and Sumantri, Rinol and Riski, Oki Sania (2024) Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan tentang Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Masyarakat Kota Palembang Menabung di Bank Syariah Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2 (3). pp. 112-120. ISSN 2988-134X

[img]
Preview
Text
jurnal Aisyah Zahara.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan tentang produk perbankan syariah terhadap keputusan masyarakat palembang menabung di bank syariah indonesia. Metode Penelitian Tesis ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah religiusitas dan pengetahuan produk, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan masyarakat menabung di bank syariah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dan data dianalisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data dengan beberapa langkah yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai signifikansi pengaruh religiusitas (X1) dan pengetahuan tentang produk perbankan syariah (X2) terhadap keputusan masyarakat palembang menabung di bank syariah indonesia (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas diperoleh nilai t-statistik 7.540 > 1.96 dengan nilai p-value sebesar 0.000 < kurang dari tingkat signifikansi 0.05, sehingga dapat dijelaskan bahwa religiusitas berpengaruh positif terhadap keputusan masyarakat kota palembang menabung di bank syariah indonesia dan variabel pengetahuan tentang produk perbankan syariah diperoleh nilai t-statistik 4.091 > 1.96 dengan nilai p-value sebesar 0.000 < kurang dari tingkat signifikansi 0.05, sehingga dapat dijelaskan bahwa pengetahuan tentang produk perbankan syariah berpengaruh positif terhadap keputusan masyarakat kota palembang menabung di bank syariah indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah religiusitas dan pengetahuan terhadap produk perbankan syariah berpengaruh terhadap keputusan masyarakat kota palembang menabung di bank syariah indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: religiusitas, pengetahuan produk, keputusan masyarakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: AISYAH ZAHARA 2020603118
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:05
Last Modified: 23 Aug 2024 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40377

Actions (login required)

View Item View Item