PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2019-2022)

Kinanti, Kinanti (2024) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2019-2022). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER K.pdf

Download (932kB)
[img] Text
ABSTRAK K.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB 1 K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA K.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia, industri manufaktur merupakan salah satu sektor andalan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan masih mencatatkan performa positif pada beberapa sektornya meski di tengah kondisi tekanan ekonomi. Perusahanan perlu memperhatikan yakni bagaimana perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaannya. Salah satu penyebab rentannya perusahaan-perusahaan di Indonesia terhadap gejolak perekonomian adalah lemahnya penerapan Intellectual capital dan Good corporate governance. Dilihat fenomena yang terjadi pada perusahaan manufaktur mengalami penurunan harga saham yang mengakibatkan turunnya juga nilai perusahaan. Adapun tujuan dalam penelitian ini. Apakah Intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan? Apakah Good corporate governance berpengaruh terhadap nilai perusahaan? Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah teori sinyal (signalling theory). Objek penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Industri dan Kimia yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dari tahun 2019-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) intellectual capital berpengaruh positif secara signifikan terhadap nilai perusahaan sebesar 2,972 dengan tingkat signifikansi 0,005. Jika dikaitkan teori Signal dan Intellectual capital terhadap Nilai Perusahaan menunjukkan bahwa informasi dan komunikasi yang baik dan efektif dapat mempengaruhi perilaku dan kesempatan perusahaan dalam mencakup semua aset intangible yang mempengaruhi nilai perusahaan. 2) komisaris independen (Good Corporate Goverance) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan sebesar 2,683 dengan tingkat signifikansi 0,11. Dalam teori Signal menunjukkan bahwa informasi dan komunikasi yang baik dan efektif ternyata tidak dapat mempengaruhi perilaku dan kesempatan perusahaan dalam mencakup semua aset intangible yang mempengaruhi nilai perusahaan, termasuk Good Corporate Governance (GCG). Kata kunci: Intellectual Capital, Good corporate governance dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Good corporate governance dan Nilai Perusahaan
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: KINANTI 1930603246
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:14
Last Modified: 27 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40569

Actions (login required)

View Item View Item