Nur, Kharimah, Iha (2024) PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 17 OKU DESA MARGA MULYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER IHA_compressed.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_compressed.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf Download (70kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 - 5_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Marga Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu, adapun permasalahan yang diangkat adalah bagaimana peran komunikasi persuasif dalam membina kedisiplinan siswa di SMPN 17 OKU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi persuasif agar dapat mempengaruhi siswa dan dapat disiplin tujuan utamanya yaitu, membentuk tanggapan, menguatkan tanggapan,pengubahan tanggpan, dan teknik persuasif apa saja yang digunakan agar siswa di lembaga pendidikan dapat terpengaruh dengan sikap disiplin. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya selama melakukan proses penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa peran komunikasi persuasif yaitu peran persuader sekelompok orang yang menyampaikan pesan dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap, persuade orang yang menjadi pesan itu disampaikan/disalurkan, persepsi pesan yang disampaikan akan menentukan efektivitas komunikan, pesan persuasif sebagai upaya sadar untuk mengubah pikiran dan tindakan dengan mengarahkan motivasi ke arah tujuan yang telah ditentukan, saluran persuasif yang bertindak sebagai perantara ketika siswa dibujuk untuk menyampaikan pesan dari sumber aslinya ke tujuan akhir seperti media grup whatsaap dan lain-lain, umpan balik dan efek tanggapan atau respon yang datang dari komunikator atau dari pesan itu sendiri. Adapun teknik komunikasi persuasif diantaranya ada teknik asosiasi pesan komunikasi dengan cara menumpangkannya pada suatu objek atau peristiwa yang sedanf menarik dalam khalayak, teknik integrasi dimana kekuatan dalam membangun kedisiplinan siswa dilihat dari kemampuan komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan, teknik red herring yaitu memberi peringatan tentang kedua orang tua mereka yang telah menyekolahkan dengan susah payah. Pada intinya komunikasi persuasif disini bersifat mengajak atau membujuk siswa untuk dapat menanamkan sikap disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Komunikasi Persuasif, Kedisiplinan |
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | LHA NUR KHARIMAH 2020501073 |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:37 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:37 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40701 |
Actions (login required)
View Item |